DETAIL DOCUMENT
PENGEMBANGAN VIRTUAL REALITY UNTUK DIGITALISASI MANDALA 2 DI PURA BESAKIH
Total View This Week0
Institusion
Universitas Pendidikan Ganesha
Author
Sasmita, I Wayan Karta
Subject
NA Architecture 
Datestamp
2021-10-22 03:35:31 
Abstract :
Pengembangan Virtual Reality untuk Digitalisasi Mandala 2 di Pura Besakih merupakan suatu pemanfaatan teknologi untuk konservasi warisan budaya. Bencana alam yang tidak bisa diprediksi dan renovasi yang dilakukan di kompleks Pura Besakih menyebabkan perubahan yang mengancam keutuhan arsitektur pura serta peraturan yang membatasi wisatawan untuk tidak memasuki area larangan sehingga wisatawan tidak bisa sepenuhnya menjelajahi/memasuki area utama pura khususnya bagian Mandala 2 sehingga diperlukan upaya untuk melakukan konservasi berbasis digital dengan menggunakan teknologi virtual reality yang memungkinkan pengguna untuk melakukan interaksi dan eksplorasi melalui lingkungan virtual. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan virtual reality sebagai media informasi sekaligus media konservasi warisan budaya berupa arsitektur bangunan pura. Penelitian ini menggunakan metode Research and Develpoment (R&D) dengan menggunakan model MDLC yang meliputi tahap Concept, Design, Material Collecting, Assembly, Testing, dan Distribution. Pengujian pada penelitian ini menggunakan 5 pengujian: (1) Uji white box dengan penerapan disetiap prosesnya sudah sesuai, (2) uji black box menunjukkan hasil tidak terdapat kesalahan, (3) uji ahli isi mendapat hasil rata-rata persentase 87 % termasuk sangat baik, (4) uji ahli media mendapat hasil rata-rata persentase 93% termasuk sangat baik, (5) uji UEQ (User Experience Quistionnaire) dari 20 responden dengan hasil positif. 
Institution Info

Universitas Pendidikan Ganesha