DETAIL DOCUMENT
Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing Berbantuan Media Audio Visual terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas III SD Gugus III Tambora Kecamatan Melaya Kabupaten Jembrana
Total View This Week0
Institusion
Universitas Pendidikan Ganesha
Author
Pramita, Risa
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2021-10-22 00:27:24 
Abstract :
Abstrak Kurangnya pemanfaatan media dan model-model pembelajaran membuat pembelajaran menjadi kurang efektif dan nantinya akan membuat hasil belajar siswa menurun. Oleh sebab itu, perlunya suatu penerapan model yang dapat mengatasi permalasahan tersebut contohnya adalah penerapan model pembelajaran snowball throwing berbantuan media audio visual. Adapun tujuan yang dicapai yakni mengukur pengaruh yang signifikan terhadap prose belajar peserta didik. Jenis penelitian yaitu eksperimen semu (quasy experiment). Populasi penelitian ini adalah 115 siswa. Sedangkan dalam penelitian ini menggunakan sampel 2 kelas, eksperimen dan kontrol yang terdiri atas 43 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes pilihan ganda dengan jumlah 25 soal. Selanjutnya, data akan dianalisis menggunakan statik deskriftif serta inferensial dengsn ujit. Uji t yang dianalisis memeroleh nilai t (41) >t (4,07). Sehingga penerapan pembelajaran yang terbagi menjadi 2 kelompok yakni, menggunakan model pembelajaran yang ditawarkan dengan konvensional menimbulkan pengaruh yang signifikan dari hasil belajar siswa. Implikasi dari penggunaan model ini dalam pembelajaran Bahasa Indonesia adalah membuat siswa menjadi lebih aktif dan mendapat pengalaman membangun sendiri pengetahuannya. Kata kunci: Hasil belajar, Snowball Throwing. 
Institution Info

Universitas Pendidikan Ganesha