Abstract :
Kata kunci: Pengembangan, LKPD, Digital, dan Pemecahan Masalah
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD digital berorientasi
pemecahan masalah pada pembelajaran IPA siswa kelas V SD. Penelitian ini
menggunakan model pengembangan 4-D yang terdiri dari empat tahap utama
yaitu define, design, develop, dan disseminate. Hasil penelitian ini menunjukkan
bahwa karakteristik LKPD digital berorientasi pemecahan masalah yang
dikembangkan adalah terdiri dari tutorial, contoh, dan latihan, sehingga dapat
mendorong pembelajaran siswa berpusat pada siswa. Materi pembelejaran
dikaitkan dengan kehidupan siswa sehari-hari, agar LKPD lebih menarik dan
memberi pengalaman belajar secara langsung. LKPD digital ini sudah diujicoba
untuk mengetahui validitas materi, validitas desain, dan validitas media. Selain
itu, uji coba juga dimaksudkan untuk mendapatkan kelayakan, kepraktisan, dan
keefektifan media. Hasil ujicoba menunjukkan bahwa LKPD digital berorientasi
pemecahan masalah tergolong valid dari segi isi. Untuk uji kelayakan media
diperoleh skor 4,95 tergolong sangat layak dan kelayakan tampilan diperoleh skor
4,92 tergolong sangat layak. Selanjutnya kepraktisan dari sisi guru diperoleh skor
4,72 tergolong sangat praktis, sedangkan kepraktisan dari sisi peserta didik
diperoleh skor 4,86 tergolong sangat praktis. Akhirnya, dari segi efektivitas
diperoleh persentase ketuntasan klasikal siswa sebesar 100%. Jadi dapat
disimpulkan bahwa LKPD digital berorientasi pemecahan masalah ini layak
digunakan.
x
ABSTRACT
Noviani, Ni Luh Indah (2021). “Development of Problem-Solving Oriented
Digital Student Worksheets in Science Learning for 5th Grade Elementary School
Students†Thesis, Elementary Education, Postgraduate Program, Ganesha
University of Education.
This thesis has been approved and checked by Advisor I: Prof. Dr. I Made
Candiasa, M.I. Kom. and Advisor II : Dr. I Gede Margunayasa, S.Pd., M.Pd.
Keywords: Development, LKPD, Digital, and Problem Solving
This study aims to develop a problem-solving-oriented digital LKPD in science
learning for fifth grade elementary school students. This study uses a 4-D
development model consisting of four main stages, namely define, design,
develop, and disseminate. The results of this study indicate that the characteristics
of the problem-solving-oriented digital worksheets developed are consisting of
tutorials, examples, and exercises, so that they can encourage student-centered
learning. Learning materials are related to students' daily lives, so that LKPD is
more interesting and provides a direct learning experience. This digital worksheet
has been tested to determine the validity of the material, the validity of the design,
and the validity of the media. In addition, the trial is also intended to obtain the
feasibility, practicality, and effectiveness of the media. The test results show that
the problem-solving-oriented digital worksheets are valid in terms of content. For
the media feasibility test, a score of 4.95 was obtained which was classified as
very feasible and the display feasibility obtained a score of 4.92 classified as very
feasible. Furthermore, in terms of practicality, a score of 4.70 was obtained which
was classified as very practical. Finally, in terms of effectiveness, the percentage
of students' classical completeness is 100%. So it can be concluded that this
problem-solving-oriented digital worksheet is feasible to use.ix
ABSTRAK
Noviani, Ni Luh Indah (2021). “Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik
Digital Berorientasi Pemecahan Masalah pada Pembelajaran IPA Siswa Kelas V
SD†Tesis, Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan
Ganesha.
Tesis ini sudah disetujui dan diperiksa oleh Pembimbing I: Prof. Dr. I Made
Candiasa, M.I.Kom. dan Pembimbing II: Dr. I Gede Margunayasa, S.Pd., M.Pd.
Kata kunci: Pengembangan, LKPD, Digital, dan Pemecahan Masalah
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD digital berorientasi
pemecahan masalah pada pembelajaran IPA siswa kelas V SD. Penelitian ini
menggunakan model pengembangan 4-D yang terdiri dari empat tahap utama
yaitu define, design, develop, dan disseminate. Hasil penelitian ini menunjukkan
bahwa karakteristik LKPD digital berorientasi pemecahan masalah yang
dikembangkan adalah terdiri dari tutorial, contoh, dan latihan, sehingga dapat
mendorong pembelajaran siswa berpusat pada siswa. Materi pembelejaran
dikaitkan dengan kehidupan siswa sehari-hari, agar LKPD lebih menarik dan
memberi pengalaman belajar secara langsung. LKPD digital ini sudah diujicoba
untuk mengetahui validitas materi, validitas desain, dan validitas media. Selain
itu, uji coba juga dimaksudkan untuk mendapatkan kelayakan, kepraktisan, dan
keefektifan media. Hasil ujicoba menunjukkan bahwa LKPD digital berorientasi
pemecahan masalah tergolong valid dari segi isi. Untuk uji kelayakan media
diperoleh