DETAIL DOCUMENT
PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN ARGUMEN LAWAN TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA TOPIK REAKSI REDUKSI DAN OKSIDASI
Total View This Week0
Institusion
Universitas Pendidikan Ganesha
Author
Liska, Ketut
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2019-10-22 01:12:45 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan pengaruh penerapan strategi pembelajaran argumen lawan terhadap hasil belajar dan respon siswa terhadap pembelajaran pada topik reaksi redoks. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu, dengan rancangan nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah kelas X MIA1, MIA2 dan MIA3 di SMA Negeri 1 Seririt. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Kelas X MIA1 merupakan kelompok kontrol yang dibelajarkan tanpa strategi argumen lawan, sedangkan kelas X MIA2 merupakan kelompok eksperimen yang dibelajarkan menggunakan strategi argumen lawan. Pengumpulan data dilakukan menggunakan tes hasil belajar dan angket. Data dianalisis dengan teknik analisis kovarian dan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar pada kelompok eksperimen lebih baik dibandingkan kelompok kontrol. Pembelajaran menggunakan strategi arugmen lawan memperoleh respon kategori sangat baik, sedangkan pembelajaran tanpa strategi argumen lawan memperoleh respon kategori baik. 
Institution Info

Universitas Pendidikan Ganesha