DETAIL DOCUMENT
PENGEMBANGAN KONTEN PEMBELAJARAN INTERAKTIF PRODUK CAKE DAN KUE INDONESIA MENGGUNAKAN MODEL PROJECT BASED LEARNING PADA KELAS XI TATA BOGA DI SMK NEGERI 3 KOTA BIMA
Total View This Week0
Institusion
Universitas Pendidikan Ganesha
Author
Dewi, Putri Agustia
Subject
LC Special aspects of education 
Datestamp
2021-10-22 06:28:50 
Abstract :
Sumber belajar yang bersifat menoton yang hanya memaparkan materi-materi dan tidak adanya kreasi seperti gambar ataupun video penjelasan yang menarik perhatian peserta didik mengakibatkan kurangnya pemahaman pesert didik terhadap materi pelajaran yang dijelaskan oleh guru.Penelitian ini bertujuan untuk menghasilakan dan mengimplementasikan serta pendeskripsikan respon guru dan siswa terhadap pengembangan konten pembelajaran interaktif produk cake dan kue Indonesia menggunakan model project based learning di kelas XI Tata Boga SMK Negeri 3 Kota Bima. Metode yang digunakan dalam penelitian ialah research and development dengan model pengembangan ADDIE yaitu Analyze,Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek penelitian ini sebanyak siswa dalam kelas XI Tata Boga ialah 25 orang peserta didik di SMK Negeri 3 Kota Bima. Berdasarkan tahapan tersebut, diperoleh sebuah produk konten pembelajaran interaktif menggunakan Articulate Sroryline 3 yang didistribusikan melalui LMS Google Classroom dengan perolehan koefisien rata-rata validitas ahli isi dan ahli media sebesar 1,00 berada pada kriteria “Sangat Valid”. Untuk efektivitas produk mendapatkan perolehan N-Gaim sebesar 0,84 dengan kriteria “Tinggi”. Selain itu, hasil rata-rata skor respon peserta didik dan guru sebeasar 64,72 dan 42 dengan kriteria “Sangat Positif”. 
Institution Info

Universitas Pendidikan Ganesha