DETAIL DOCUMENT
PENGEMBANGAN KONTEN PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS FLIPPED CLASSROOM PADA MATA PELAJARAN PEMELIHARAAN LISTRIK SEPEDA MOTOR KELAS XI SMK NEGERI 3 SINGARAJA
Total View This Week0
Institusion
Universitas Pendidikan Ganesha
Author
Ariantini, Masithah
Subject
LB Theory and practice of education 
Datestamp
2021-10-22 07:32:30 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengasilkan produk konten pembelajaran interaktif, serta mengetahui respons pendidik dan peserta didik terhadap konten pembelajaran interaktif berbasis flipped classroom dengan bantuan Articulate Storyline pada mata pelajaran Pemeliharaan Listrik Sepeda Motor. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation (ADDIE). Penelitian ini dilakukan pada program keahlian teknik dan bisnis sepeda motor kelas XI dengan jumlah 32 orang peserta didik dan 1 orang guru pengampu mata pelajaran pemeliharaan listrik sepeda motor. Pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh dari angket validasi ahli, angket uji coba perorangan, angket uji coba kelompok kecil, angket uji coba lapangan, dan uji efektivitas. Hasil perhitungan dari penilaian uji ahli isi, media dan desain pembelajaran memperoleh hasil rata-rata sebesar 1,00. Apabila dikonversikan ke dalam tabel kriteria rata-rata uji ahli, maka diperoleh tingkat validitas “Sangat Tinggi”. Pada uji coba perorangan memperoleh persentase sebesar 86%, pada uji coba kelompok kecil memperoleh persentase sebesar 80,2%, dan pada uji coba lapangan memperoleh persentase sebesar 85%. Pada uji efektivitas dilakukan dengan memberikan pretest dan posttest, yang mana memperoleh hasil perhitungan N-Gain sebesar 0,819 dan termasuk dalam interprestasi “Efektif”. Pada uji respon peserta didik memperoleh hasil rata-rata yaitu sebesar 64,40, jika dikonversikan dalam tabel kualifikasi memperoleh kategori “Sangat Praktis”. Hasil uji respons guru memperoleh hasil rata-rata sebesar 43 dengan kategori “Sangat Praktis”. Sehingga dapat disimpulkan bahwa konten pembelajaran interaktif pada mata pelajaran pemeliharaan listrik sepeda motor ini valid, efektif dan praktis. Kata Kunci : Konten Pembelajaran Interaktif, Articulate Storyline, Flipped Classroom, Pemeliharaan Listrik Sepeda Motor. 
Institution Info

Universitas Pendidikan Ganesha