DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR PEMELIHARAAN SASIS SISWA KELAS XII TBSM SMK N 1 GEROKGAK
Total View This Week0
Institusion
Universitas Pendidikan Ganesha
Author
Jaya Astika, Ida Kade
Subject
TJ Mechanical engineering and machinery 
Datestamp
2021-10-29 09:48:57 
Abstract :
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Pemeliharaan Sasis Siswa Kelas XII TBSM SMK Negeri 1 Gerokgak. Penelitian ini menggunakan rancangan Post-test Only Control Group Design. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperimen. Instrumen yang digunakan adalah lembar kuesioner dan lembar tes. Lembar kuesioner digunakan peneliti untuk mengukur keaktifan siswa sedangkan untuk lembar tes digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa. Populasi penelitian adalah siswa kelas XII TBSM SMK Negeri 1 Gerokgak Tahun Pelajaran 2020/2021. Sampel penelitian adalah kelas XII TBSM 2 berjumlah 22 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas XII TBSM 1 berjumlah 24 orang sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) terhadap keaktifan belajar siswa pada taraf signifikansi 0,001, dengan rata-rata nilai keaktifan siswa pada kelas eksperimen sebesar 76,77 dan nilai keaktifan peserta didik kelas kontrol sebesar 65,46; (2) terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) terhadap hasil belajar siswa pada taraf signifikansi 0,006, dengan rata-rata nilai hasil belajar 76,13 pada kelas eksperimen, sedangkan pada kelas kontrol nilai rata-rata hasil belajar sebesar 65,00. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS), Keaktifan Belajar, Hasil Belajar, Pemeliharaan Sasis. 
Institution Info

Universitas Pendidikan Ganesha