DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH (MAM) TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR PEKERJAAN DASAR TEKNIK OTOMOTIF SISWA KELAS X TBSM SMK N 1 GEROKGAK
Total View This Week0
Institusion
Universitas Pendidikan Ganesha
Author
Baruna Yasa, Putu Nirvana
Subject
TJ Mechanical engineering and machinery 
Datestamp
2021-10-29 09:52:03 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan keaktifan belajar antara kelompok siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match (MAM) dengan kelompok siswa yang mengikuti model pemblajaran konvensional (2) perbedaan hasil belajar antara kelompok siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match (MAM) dengan kelompok siswa yang mengikuti model pemblajaran konvensional (3) perbedaan keaktifan dan hasil belajar secara simultan antara kelompok siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match (MAM) dengan kelompok siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan eksperimen semu. Desain penelitian ini menggunakan Post-test Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TBSM SMK Negeri 1 Gerokgak. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X TBSM 1 berjumlah 25 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas X TBSM 2 Berjumlah 26 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam bentuk Kuesioner dan Tes. Lembar kuesioner digunakan untuk mengukur keaktifan siswa dan lembar tes berupa soal objektif digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa. Data dikumpulkan dengan metode tes, kuesioner dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis secara statistik dengan MANOVA. Adapun hasil dari penelitian ini adalah (1) rata-rata keaktifan siswa pada kelompok eksperimen sebesar (75,68), pada kelompok kontrol (63,30) (2) rata-rata hasil belajar siswa pada kelompok eksperimen sebesar (75,00), pada kelompok kontrol sebesar (63,26). 
Institution Info

Universitas Pendidikan Ganesha