DETAIL DOCUMENT
Pengembangan Media Pembelajaran VideoScribe-HOTS Pada Muatan Pelajaran IPA Topik Struktur dan Fungsi Bagian Tumbuhan Kelas IV SD
Total View This Week0
Institusion
Universitas Pendidikan Ganesha
Author
Putri, Luh Gede Ria Andika
Subject
LB1501 Primary Education 
Datestamp
2022-01-26 00:56:16 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan prototype media pembelajaran VideoScribe-HOTS muatan pelajaran IPA topik Struktur dan Fungsi Bagian Tumbuhan Kelas IV SD dan menganalisis validitas isi media pembelajaran VideoScribe-HOTS muatan pelajaran IPA topik Struktur dan Fungsi Bagian Tumbuhan Kelas IV SD. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang berpedoman pada model pengembangan ADDIE yang terdiri atas lima tahapan yaitu : 1) tahap analisis (analyze), 2) tahap perancangan (design), 3) tahap pengembangan (development), 4) tahap implementasi (implementation), dan 5) tahap evaluasi (evaluation). Namun dikarenakan keterbatasan waktu dan kondisi sedang masa pandemi Covid-19 maka penelitian hanya dilakukan sampai pada tahap pengembangan (development). Adapun subjek uji coba penelitian pengembangan ini yaitu : 1) dua orang ahli materi, 2) dua orang ahli media, 3) dua orang ahli desain pembelajaran, 4) dua orang guru untuk respon praktisi, dan 5) 10 orang siswa kelas IV SD untuk respon siswa. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan instrumen penilaian rating scale, kemudian dianalisis menggunakan Indeks Validitas Aiken’s untuk mengetahui tingkat validitasnya. Berdasarkan analisis data didapatkan hasil bahwa media pembelajaran VideoScribe HOTS dinyatakan valid, dengan rentangan indeks validitas Aiken’s 0,8 – 1, yang berada pada V ≥ 0,8, dengan kriteria validitas tinggi, sedangkan persentase respon praktisi sebesar 97% dengan kategori sangat baik dan persentase respon siswa sebesar 97 % dengan kategori sangat baik. 
Institution Info

Universitas Pendidikan Ganesha