Abstract :
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui persepsi siswa SMP terhadap penggunaan Quizizz
sebagai alat penilaian online pada pelajaran bahasa Inggris dan mengetahui apa kelemahan dan
kelebihan dari penggunnaan Quizizz sebagai alat penilaian online pada pelajaran bahasa
Inggris. Subjek penelitian ini adalah 60 peserta siswa di SMP Negeri 4 Singaraja tahun ajaran
2020/2021. Penelitian ini menggunakan metode campuran sebagai desain penelitian. Teknik
pengumpulan data menggunakan angket dan wawancara dan data dianalisis secara kuantitatif
dan kualitatif. Dari penelitian ini diketahui bahwa 1) persepsi siswa SMP tentang penggunaan
Quizizz untuk alat penilaian online dalam pembelajaran bahasa Inggris online di SMP Negeri
4 Singaraja positif; 2) fitur dan menu Quizizz dinilai memiliki kelebihan dalam membantu
memudahkan penilaian online di masa pandemi dan meningkatkan motivasi siswa dalam
mengerjakan tes bahasa Inggris. Sementara kekurangan Quizizz menurut siswa yaitu terjadi
error saat mengerjakan tes dan guru kurang bervariasi dalam membuat soal-soal.
Kata kunci: siswa SMP, persepsi, Quizizz, alat penilaian online