DETAIL DOCUMENT
THE IMPLEMENTATION OF SONGS IN TEACHING ENGLISH FOR YOUNG LEARNERS AT SD N 2 TEMBOK IN ONLINE LEARNING CONTEXT
Total View This Week0
Institusion
Universitas Pendidikan Ganesha
Author
Putri, Made Willynda
Subject
LB Theory and practice of education 
Datestamp
2022-02-08 03:45:06 
Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi lagu dalam pengajaran kompetensi berbicara serta permasalahan yang dihadapi guru selama implementasi di SD N 2 Tembok Kabupaten Buleleng. Peneliti mengumpulkan data secara kualitatif, pengumpulan data dilakukan dengan dua metode yaitu wawancara dan observasi. Peneliti menggunakan dua instrumen yaitu pedoman wawancara dan lembar observasi. Dalam penelitian ini, data diambil dari bagian observasi dan wawancara terhadap guru. Kemudian, data dianalisis melalui 3 proses yang dikemukakan oleh Dull & Reinhardt (2014), yaitu: 1) Data Reduction dimana data yang dikumpulkan dari observasi dan wawancara diringkas dan diberi label untuk setiap kategori yang diperlukan untuk mengidentifikasi. 2) Data Display dimana prosedur ini dilakukan setelah data yang terkumpul diberi label. Pada langkah ini, data berlabel dijelaskan dalam sebuah teks. 3) Kemudian, langkah terakhir dari analisis data kualitatif oleh Dull & Reinhardt (2014), adalah penarikan kesimpulan. Setelah melalui reduksi data dan display data, data yang terkumpul dideskripsikan dan ditarik kesimpulan untuk pertanyaan penelitian. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan observasi selama 5 kali ini dapat disimpulkan bahwa pada dasarnya guru mengimplementasikan lagu sebagai media dalam pembelajaran untuk mengajar speaking pada tiga kegiatan yaitu kegiatan pembukaan, kegiatan sementara dan kegiatan penutup dengan memberikan link video youtube yang berisikan lagu ,gambar dan juga lirik untuk siswa kemudian guru meminta siswa mengucapkan kembali kata yang ada pada video seperti part of body, animal, name of month and greetings. Masalah yang paling banyak terjadi di kelas dalam mengajar berbicara bahasa Inggris dengan menggunakan lagu sebagai media pembelajaran ini adalah koneksi internet yang menjadi masalah utama karena dilakukan untuk kelas online akibat pandemi covid-19 dan juga masih banyak siswa yang kurang serius dalam belajar bahkan partisipasinya rendah dalam mengikuti pembelajaran. Oleh karena itu, melakukan perekaman suara dengan video diperlukan untuk siswa dalam memastikan bahwa siswa dapat menyebutkan kembali atau berbicara kembali mengenai bagian-bagian yang ada pada lagu tersebut sesuai materi dalam setiap pertemuan dan juga untuk mengetahui pengucapan dan grammar saat siswa berbicara dan bernyanyi kembali. Kata kunci: Berbicara, Lagu, Youtube 
Institution Info

Universitas Pendidikan Ganesha