DETAIL DOCUMENT
MODEL PENDIDIKAN BERBASIS KESADARAN LINGKUNGAN STUDI KASUS ENGLISH CORNER COMMUNITY DI DESA SIDETAPA, BANJAR, BULELENG, BALI.
Total View This Week0
Institusion
Universitas Pendidikan Ganesha
Author
Suyanti, Kadek Arlinda Devi
Subject
H Social Sciences (General) 
Datestamp
2022-02-08 07:46:39 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan latar belakang terbentuknya English Corner Community di Desa Sidetapa, implementasi model pendidikan berbasis kesadaran lingkungan di English Corner Community dan Aspek-aspek yang ada dalam pembelajaran English Corner yang bisa dimanfaatkan sebagai sumber belajar Sosiologi di SMA. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui purposive sampling, observasi lapangan, wawancara mendalam dan studi dokumen. Untuk pengembangan validitas data yang didapatkan peneliti menggunakan metode triangulasi yaitu dengan menggabungkan berbagai teknik pengumpulan data dan sumber yang telah ada. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa latar belakang terbentuknya English Corner Community di Desa Sidetapa berdasarkan pada latar belakang masyarakat desa yang masih sangat awam dengan Bahasa Inggris dan ditunjukkan Desa Sidetapa sebagai salah satu desa wisata Bali Aga. Selanjutnya implementasi model pendidikan berbasis kesadaran lingkungan diterapkan dengan menggunakan tiga program yaitu program peduli lingkungan sebagai pengimplementasian pendidikan berbasis kesadaran lingkungan dan pembentukan karakter di English Corner Community, program kursus bayar pakai sampah plastik dan bank sampah My Darling Desa Sidetapa. Serta model pendidikan berbasis kesadaran lingkungan dapat dijadikan sebagai salah satu sumber belajar pada mata pelajaran Sosiologi di SMA pada materi Gejala Sosial dengan mengaitkannya pada Taksonomi Bloom yang menekankan pada aspek pengetahuan yaitu pada materi faktor terjadinya gejala sosial, aspek sikap dengan memberikan motivasi dan menekankan sikap peduli kepada peserta didik tentang bagaimana menjaga lingkungan sebagai salah satu faktor terjadinya gejala sosial dan aspek tindakan yaitu dengan menggunakan lingkungan sebagai tempat untuk mencari informasi secara nyata tentang faktor terjadinya gejala sosial. 
Institution Info

Universitas Pendidikan Ganesha