DETAIL DOCUMENT
PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN RECONNECTING TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU (EKONOMI) KELAS IX DI SMPN 5 KOPANG KABUPATEN LOMBOK TENGAH TAHUN PELAJARAN 2021/2022
Total View This Week0
Institusion
Universitas Pendidikan Ganesha
Author
Fahmi, Kiagus Yazid
Subject
LB2300 Higher Education 
Datestamp
2022-02-11 06:05:20 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan strategi pembelajaran reconnecting terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu (Ekonomi) Kelas IX di SMPN 5 Kopang Tahun Pelajaran 2021/2022. Penelitian ini termasuk kedalam penelitian kuantitatif dengan menggunakan pola pretest-posttest design. Subjek penelitian ini menggunakan 2 kelompok sampel yang dipilih secara acak (probability sampling) dengan metode pengambilan sampel purpossive sampling yaitu teknik pengambilan sampel berdasarkan tujuan penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX di SMPN 5 Kopang dengan jumlah 84 siswa. Subjek penelitian ini yaitu kelas IX 1 dengan jumlah siswa 26 sebagai kelas eksperiman dan kelas IX 2 dengan jumlah siswa 26 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode tes untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS terpadu (Ekonomi) kelas IX di SMPN 5 Kopang tahun pelajaran 2021/2022. Berdasarkan analisis dengan data statistik maka diperoleh hasil perhitungan dengan menggunakan analisis Independent Sample T-test (Uji Beda). Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang menggunakan strategi pembelajaran reconnecting lebih tinggi, dengan rata-rata hasil belajar siswa sebesar 66,15 (kelas kontrol) dengan peningkatan 1,22% dan 85.08 (kelas eksperimen) dengan peningkatan 18.93%. Pengaruh strategi pembelajaran reconnecting menitik beratkan pada analisis dari uji statistik selisih skor pretest dan skor posttest pada kelompok kontrol dan eksperimen yang menunjukkan hasil posttes Equal Variance Assumed t = 11.123 yang berarti nilai p < 0.01 (t= 11.23 ; p < 0.01) yang berarti H0 ditolak dan H1 diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran reconnecting berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu (Ekonomi) di SMPN 5 Kopang Kabupaten Lombok Tengah tahun pelajaran 2021/2022. 
Institution Info

Universitas Pendidikan Ganesha