DETAIL DOCUMENT
DETERMINAN KEPUTUSAN PELAKU UMKM DALAM MEMILIH PINJAMAN ONLINE SEBAGAI ALTERNATIF PENDANAAN
Total View This Week0
Institusion
Universitas Pendidikan Ganesha
Author
Lesmawan, Putu Arik
Subject
HB Economic Theory 
Datestamp
2022-02-11 05:47:34 
Abstract :
Riset ini mempunyai tujuan guna menganalisis elemen-elemen yang mendorong proses pengambilan keputusan pelaku UMKM dalam memilih pinjaman online (peer to peer lending) sebagai alternatif pendanaan. Riset ini berjenis riset kuantitatif yang mempergunakan metode purposive sampling dengan sampel yang dipergunakan sejumlah 100 pelaku UMKM. Data riset ini mempergunakan data primer yang didapat lewat tersebarnya kuesioner atau angket terhadap pelaku UMKM yang melakukan usaha di Kabupaten Buleleng dan pernah menggunakan pinjaman online. Metode yang dipergunakan pada riset ini yakni analisis deskriptif. Hasil riset ini memperlihatkan enam faktor yang secara signifikan mempengaruhi pengambilan keputusan pelaku UMKM dalam memilih pinjaman online sebagai alternatif pendanaan (1) Motivasi (2) Sikap (3) Pengalaman (4) Produk (Unsur Kredit) (5) Marketing (6) Demografi. Motivasi menjadi faktor yang paling signifikan mempengaruhi keputusan pelaku UMKM dalam melakukan pinjaman online sebagai alternatif pendanaan 
Institution Info

Universitas Pendidikan Ganesha