Abstract :
ABSTRAK
Nata Kusuma, Putu (2022), Pengelolaan Media Sosial Sebagai Sarana Promosi
Destinasi Wisata Tirta Di Kabupaten Buleleng. Tesis, Program Studi S2 Ilmu
Manajemen, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha.
Tesis ini sudah disetujui dan diperiksa oleh Pembimbing I: Trianasari, M.M., Ph.D dan
Pembimbing II: Putu Indah Rahmawati, SST.Par., M.Bus., Ph.D
Kata-kata Kunci: Media sosial, Pariwisata, Pemasaran Digital
3
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengelolaan media sosial Dinas
Pariwisata Kabupaten Buleleng serta respon wisatawan terhadap informasi
kepariwisataan pada akun media sosial Dinas Pariwisata Kabupaten Buleleng. Penelitian
ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif sebagai metodologi penelitian. Data-data
yang terkumpul didapatkan melalui kegiatan observasi, wawancara mendalam, focus
group discussion dan penyebaran open-ended questions. Observasi, wawancara
mendalam dan focus group discussion dilakukan untuk mendapatkan data terkait
pengelolaan media sosial Dinas Pariwisata dengan narasumber yaitu tim media Dinas
Pariwisata Kabupaten Buleleng. Penyebaran open-ended questions dibagikan melalui
Google Form kepada wisatawan lokal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan
media sosial Dinas Pariwisata Kabupaten Buleleng belum optimal khusus pada
pengelolaan Website sebagai media informasi. Peneliti menemukan bahwa pengelolaan
Website masih berfokus pada informasi kegiatan dinas bukan pada promosi pariwisata di
Buleleng. Fungsi manajemen yaitu POAC juga tidak optimal karena tidak adanya target
capaian konten tiap hari dan quality control. Respon wisatawan menunjukkan bahwa
aspek pemasaran digital sudah optimal namun ada beberapa aspek yang kurang yaitu
story-telling dan copywriting belum optimal digunakan. Hal ini ditunjukkan dari respon
wisatawan yang mengatakan konten yang terunggah kurang menarik dari segi caption dan
penyebaran informasi yang masih kurang maksimal. Penelitian ini menyarakan kepada
peneliti lain agar nantinya melakukan penelitian yang berfokus kepada E-Service quality.