DETAIL DOCUMENT
PENGELOLAAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI SARANA PROMOSI DESTINASI WISATA TIRTA DI KABUPATEN BULELENG
Total View This Week0
Institusion
Universitas Pendidikan Ganesha
Author
Nata Kusuma, Putu
Subject
H Social Sciences (General) 
Datestamp
2022-02-14 02:40:38 
Abstract :
ABSTRAK Nata Kusuma, Putu (2022), Pengelolaan Media Sosial Sebagai Sarana Promosi Destinasi Wisata Tirta Di Kabupaten Buleleng. Tesis, Program Studi S2 Ilmu Manajemen, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha. Tesis ini sudah disetujui dan diperiksa oleh Pembimbing I: Trianasari, M.M., Ph.D dan Pembimbing II: Putu Indah Rahmawati, SST.Par., M.Bus., Ph.D Kata-kata Kunci: Media sosial, Pariwisata, Pemasaran Digital 3 Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengelolaan media sosial Dinas Pariwisata Kabupaten Buleleng serta respon wisatawan terhadap informasi kepariwisataan pada akun media sosial Dinas Pariwisata Kabupaten Buleleng. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif sebagai metodologi penelitian. Data-data yang terkumpul didapatkan melalui kegiatan observasi, wawancara mendalam, focus group discussion dan penyebaran open-ended questions. Observasi, wawancara mendalam dan focus group discussion dilakukan untuk mendapatkan data terkait pengelolaan media sosial Dinas Pariwisata dengan narasumber yaitu tim media Dinas Pariwisata Kabupaten Buleleng. Penyebaran open-ended questions dibagikan melalui Google Form kepada wisatawan lokal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan media sosial Dinas Pariwisata Kabupaten Buleleng belum optimal khusus pada pengelolaan Website sebagai media informasi. Peneliti menemukan bahwa pengelolaan Website masih berfokus pada informasi kegiatan dinas bukan pada promosi pariwisata di Buleleng. Fungsi manajemen yaitu POAC juga tidak optimal karena tidak adanya target capaian konten tiap hari dan quality control. Respon wisatawan menunjukkan bahwa aspek pemasaran digital sudah optimal namun ada beberapa aspek yang kurang yaitu story-telling dan copywriting belum optimal digunakan. Hal ini ditunjukkan dari respon wisatawan yang mengatakan konten yang terunggah kurang menarik dari segi caption dan penyebaran informasi yang masih kurang maksimal. Penelitian ini menyarakan kepada peneliti lain agar nantinya melakukan penelitian yang berfokus kepada E-Service quality. 
Institution Info

Universitas Pendidikan Ganesha