DETAIL DOCUMENT
PENGEMBANGAN MEDIA PUZZLE BERBASIS MAKE A MATCH PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS 2 DI MI AT-TAUFIQ SINGARAJA TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Total View This Week0
Institusion
Universitas Pendidikan Ganesha
Author
Fuadatus Sholihah, Akhris
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2020-02-20 23:52:11 
Abstract :
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui proses rancang bangun media puzzle berbasis make a match pada pembelajaran tematik, (2) mengetahui hasil validasi media puzzle menurut review ahi, uji perorangan, uji kelompok kecil, dan uji lapangan, dan (3) mengetahui efektivitas media puzzle berbasis make a match pada pembelajaran tematik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan yaitu model ADDIE. Metode pengumpulan data yang digunakan, yaitu: metode observasi, wawancara, kuesioner, dan tes. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif, kuantitatif, dan statistik inferensial (uji-t). subjek dalam penelitian ini adalah 25 orang siswa kelas II di MI At-Taufiq Singaraja. Dalam pengembangan media puzzle berbasis make a match ini validitas media berdasarkan penilaian ahli isi mata pelajaran 92%, ahli desain pembelajaran 81%, ahli media pembelajaran 92%, uji perorangan 91%, uji kelompok kecil 96%, dan uji coba lapangan 96%. Hasil uji efektivitas yang di analisis dengan teknik statistik inferensial (uji-t) mendapatkan hasil rata-rata pretest (58,2) < hasil rata-rata posttes (86). Setelah dilakukan perhitungan secara manual dengan menggunakan uji-t diperoleh thitung = 11,59 untuk db = 25 dan taraf signifikan 5% ttabel = 2.011 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima karena nilai posttest lebih tinggi dibandingkan dengan nilai pretest. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media puzzle berbasis make a match dapat meningkatkan hasil belajar matematika dan bahasa Indonesia kelas 2 di MI At-taufiq singaraja. 
Institution Info

Universitas Pendidikan Ganesha