DETAIL DOCUMENT
IMPLEMENTING TIC-TAC-TOE GAME IN TEACHING ENGLISH VOCABULARY FOR FIFTH-GRADE STUDENTS OF SD DANA PUNIA SINGARAJA
Total View This Week0
Institusion
Universitas Pendidikan Ganesha
Author
Loviyani, Ni Putu Ayu Niya
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2022-02-21 00:57:32 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penguasaan kosakata siswa dan respon siswa setelah terpapar permainan Tic Tac Toe sebagai media pembelajaran. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Dana Punia Singaraja tahun ajaran 2021/2022 sebanyak 17 siswa. Penelitian ini menggunakan metode embedded mixed dalam one group pre-test post-test design. Lembar observasi, angket, dan tes kosakata digunakan sebagai instrumen pengumpulan data. Peneliti mengambil data yang akurat selama enam pertemuan pelaksanaan kemudian menganalisisnya menggunakan analisis statistik deskriptif dan inferensial. Penguasaan kosakata meningkat dari 65,00 menjadi 79,12 dalam nilai rata-rata, yang berarti ada peningkatan pada kinerja siswa. Selain itu, hasil uji normalitas dan homogenitas menunjukkan bahwa nilai siswa berdistribusi normal dan homogen. Uji-t sampel berpasangan digunakan untuk menguji hipotesis yang menunjukkan bahwa hipotesis nol ditolak (sig. 0,000<0,05). Selain itu, efek Cohens menunjukkan bahwa permainan ini memberikan pengaruh yang besar terhadap penguasaan kosakata siswa (0.8). Dari hasil angket dan lembar observasi, siswa memberikan respon positif terhadap penerapan Tic Tac Toe. Selanjutnya, terdapat pengaruh yang signifikan dan kuat terhadap penguasaan kosakata siswa dengan menggunakan permainan Tic Tac Toe. Dengan demikian, permainan Tic Tac Toe dapat membantu penguasaan kosakata, motivasi, dan keterampilan komunikasi siswa dalam belajar bahasa Inggris. 
Institution Info

Universitas Pendidikan Ganesha