DETAIL DOCUMENT
PENGARUH PENDIDIKAN, E-COMMERCE DAN INOVASI PRODUK TERHADAP PENDAPATAN UMKM KULINER DI KECAMATAN NEGARA
Total View This Week0
Institusion
Universitas Pendidikan Ganesha
Author
Wulandari, Ayu Kadek Lysti
Subject
HB Economic Theory 
Datestamp
2022-02-14 02:15:54 
Abstract :
Pendapatan adalah sesuatu yang penting dalam setiap usaha atau perusahaan, jika semakin besar pendapatan yang diperoleh, maka semakin besar kemampuan usaha untuk membiayai segala pengeluaran atau biaya operasional harian yang akan dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pendidikan, e-commerce dan inovasi produk terhadap pendapatan UMKM kuliner di Kecamatan Negara. Penelitian ini termasuk penelitian dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelaku UMKM bidang kuliner di Kecamatan Negara sebanyak 80 sampel/responden. Sampel dipilih menggunakan metode purposive sampling. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data dikumpulkan melalui penyebaran angket/kuesioner. Kuesioner disusun dengan menggunakan skala likert. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa (1) pendidikan berpengaruh positif dan signifikan terhadap pendapatan UMKM Kuliner di Kecamatan Negara, (2) e-commerce berpengaruh positif dan signifikan terhadap pendapatan UMKM Kuliner di Kecamatan Negara, dan (3) inovasi produk berpengaruh positif dan siginifikan terhadap pendapatan UMKM Kuliner di Kecamatan Negara. 
Institution Info

Universitas Pendidikan Ganesha