DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF BERBANTUAN APLIKASI GOOGLE CLASSROOM DAN MOTIVASI TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN (PJOK) PESERTA DIDIK SMP NEGERI 3 SAWAN
Total View This Week0
Institusion
Universitas Pendidikan Ganesha
Author
Yulianingsih, I Gusti Putu
Subject
LB1603 Secondary Education. High schools 
Datestamp
2022-02-16 11:57:38 
Abstract :
ABSTRAK Yulianingsih, I Gusti Putu. (2021). Pengaruh model pembelajaran kooperatif berbantuan aplikasi google classroom dan motivasi terhadap hasil belajar pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan (PJOK) peserta didik SMP Negeri 3 Sawan . Tesis. Pendidikan Olahraga, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha Tesis ini sudah disetujui dan diperiksa oleh Pembimbing I: Dr. H. Wahjoedi . dan Pembimbing II: Dr. I Ketut Iwan Swadesi, S.Pd., M.Or Kata-kata kunci: STAD, PBL, motivasi belajar dan google classroom Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar bola basket antara siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe Students Teams Achievement Division (STAD) dan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan aplikasi google classroom serta merupakan penelitian true experiment dengan factorial treatment by level 2x2 design. Populasi penelitian seluruh kelas VIII SMP Negeri 3 Sawan yang berjumlah 230 orang, sampel berjumlah 60 siswa. Penetapan sampel dengan teknik random sampling. Random sampling adalah teknik pengambilan sampel dimana semua individu dalam populasi, baik secara sendiri-sendiri atau bersama-sama diberi kesempatan yang sama untuk dipilih sebagai anggota sampel dengan cara acak. Pengumpulan data menggunakan nilai keterampilan teknik dasar bola basket (passing, catching, dribbling,). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) diperoleh nilai statistik F sebesar 17,724 dengan taraf signifikansi lebih kecil dari 0,05. (2) diperoleh nilai statistik F sebesar 4,742 dengan taraf signifikansi lebih kecil dari 0,05. (3) diperoleh nilai statistik F sebesar 19,274 dengan taraf signifikansi lebih kecil dari 0,05. (4) diperoleh nilai statistik F sebesar 2,194 dengan taraf signifikansi lebih besar dari 0,05. Berdasarkan temuan tersebut dapat disimpulkan , bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar teknik dasar bola basket pada peserta didik yang memiliki motivasi tinggi dan motivasi rendah serta interaksi antara model pembelajaran dan motivasi antara peserta didik yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan PBL berbantuan aplikasi google classroom. Dengan demikian kedua model pembelajaran tersebut dapat dijadikan metode pembelajaran untuk mengetahui perbedaan hasil belajar bola basket pada SMP Negeri 3 Sawan. 
Institution Info

Universitas Pendidikan Ganesha