DETAIL DOCUMENT
Pengembangan Multimedia Interaktif dengan Model Hannafin and Peck pada Mata Pelajaran PAI Kelas V di SD N 5 Kampung Baru Tahun Pelajaran 2020/2021
Total View This Week0
Institusion
Universitas Pendidikan Ganesha
Author
Rohmah, Shofiana
Subject
BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc 
Datestamp
2022-02-17 00:43:38 
Abstract :
Kurangnya penggunaan perangkat pembelajaran yang relevan dengan karakteristik siswa menginspirasi penelitian ini. Hal ini berdampak pada hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan multimedia interaktif dan mengevaluasi penerapannya pada mata pelajaran PAI. Model perkembangan Hannafin dan Peck diterapkan dalam penelitian ini. Penelitian ini melibatkan tiga siswa uji perorangan dan enam siswa uji kelompok kecil, serta satu ahli mata pelajaran, satu ahli desain pembelajaran, dan satu ahli media pembelajaran. Data untuk penelitian ini dikumpulkan melalui kuesioner, pengumpulan dokumen, dan wawancara. Temuan studi mengarah pada teknik pengembangan multimedia interaktif yang mencakup tiga tahap: analisis kebutuhan, desain, dan pengembangan/implementasi. Setiap fase dinilai dan disempurnakan. Selain itu, hasil belajar siswa dengan kualifikasi sangat baik dinilai menggunakan hasil penilaian ahli materi pelajaran dengan kualifikasi sangat baik (95%), ahli desain pembelajaran dengan kualifikasi baik (86%), ahli media pembelajaran dengan kualifikasi baik ( 78%) dan hasil belajar kelompok kecil dengan kualifikasi sangat baik (92,6%), hasil belajar perorangan multimedia interaktif tervalidasi dengan kualifikasi sangat baik (94,3%). Temuan menunjukkan bahwa multimedia interaktif bermanfaat dan dapat digunakan dalam berbagai cara selama proses pembelajaran. 
Institution Info

Universitas Pendidikan Ganesha