DETAIL DOCUMENT
PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK ELEKTRONIK IPA BERBASIS MASALAH UNTUK PESERTA DIDIK SMP/MTs KELAS VIII SEMESTER II
Total View This Week0
Institusion
Universitas Pendidikan Ganesha
Author
Narayani, Sri Puja Sathya
Subject
LB1603 Secondary Education. High schools 
Datestamp
2022-02-16 08:14:06 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis karakteristik, tingkat kevalidan, tingkat kepraktisan, dan tingkat keterbacaan lembar kerja peserta didik elektronik (LKPD elektronik) IPA berbasis masalah. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri atas tahap Analyze, Design, Develop, Implement, dan Evaluate namun, dalam penelitian ini dibatasi sampai tahap develop. Subjek penelitian yaitu dua orang ahli Pendidikan IPA untuk uji kevalidan, lima orang guru di SMP Negeri 1 Tembuku untuk uji kepraktisan, dan 10 orang peserta didik kelas VIII semester II di SMP Negeri 1 Tembuku untuk uji keterbacaan. Metode dalam pengambilan data menggunakan teknik angket dengan instrumen yang terdiri atas angket kevalidan, angket kepraktisan, dan angket keterbacaan. Data hasil penelitian ini meliputi karakteristik, kevalidan, kepraktisan, dan keterbacaan LKPD elektronik IPA berbasis masalah. Jenis data yang diperoleh adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif. Karakteristik LKPD elektronik IPA yang dikembangkan yaitu (1) LKPD elektronik IPA menyajikan fenomena sehari-hari, (2) disajikan dengan platform Quizizz, (3) dikembangkan dengan pembelajaran berbasis masalah. Tingkat kevalidan LKPD elektronik IPA termasuk dalam kategori kevalidan sangat tinggi dengan skor sebesar 0,90. Tingkat kepraktisan LKPD elektronik IPA tergolong dalam kategori sangat praktis dengan memperoleh rata-rata skor sebesar 4.7. Tingkat keterbacaan LKPD elektronik IPA tergolong sangat terbaca dengan memperoleh rata-rata skor sebesar 4,7. Berdasarkan data hasil penelitian, LKPD elektronik IPA berbasis masalah yang telah dikembangkan layak untuk diujikan ke tahap selanjutnya, yaitu tahap implementasi dan evaluasi. 
Institution Info

Universitas Pendidikan Ganesha