Institusion
Universitas Pendidikan Ganesha
Author
ATMOJO, AGENG PANJI TRI
Subject
BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Datestamp
2022-02-17 23:29:23
Abstract :
Sumber belajar yang diberikan guru kepada siswa yang hanya bersifat tekstual saja, kurang adanya kreasi seperti gambar, audio, ataupun video yang bisa menjelaskan isi materi secara rinci dan menarik. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran interaktif berbasis Discovery Learning pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Negeri 2 Banyuwangi. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research & Development (R&D), dengan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation and Evaluation). Subjek dari penelitian ini adalah pada siswa kelas VII MTs Negeri 2 Banyuwangi yang berjumlah 30 siswa. Dari penelitian ini, diperoleh sebuah produk media pembelajaran interaktif dengan menggunakan Articulate Storyline 3 yang didistribusikan melalui LMS yang dibuatkan oleh peneliti, hasil yang diperoleh dari validitas ahli isi dan ahli media mendapat rata-rata sebesar 1,00 “sangat validâ€. Untuk efektifitas produk mendapat hasil N-Gain 0,83 dengan kriteria “Efektifâ€. Selain itu, hasil dari respon guru mendapatkan rata-rata sebesar 45, dan peserta didik mendapatkan rata-rata sebesar 62, 43 dengan kriteria “Sangat Praktisâ€. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif ini sudah layak untuk digunakan.