DETAIL DOCUMENT
Pengaruh Model Pembelajaran Koperatif Tipe Student Team Achievement Division Terhadap Hasil Belajar Teknik Dasar Passing Bola Voli Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Banjar Tahun Pelajaran 2018/2019
Total View This Week0
Institusion
Universitas Pendidikan Ganesha
Author
Eko, I Gede
Subject
HA Statistics 
Datestamp
2020-02-17 00:15:45 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) terhadap hasil belajar teknik dasar passing bola voli. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen sungguhan (true experimental) dengan rancangan penelitian the randomized pre test-post testcontrol group the same subject design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 2 Banjar Tahun Pelajaran 2018/2019, dengan jumlah populasi 310 orang. Teknik pengambilan sampel yaitu simple random sampling berdasarkan kelas. Kelas yang menjadi sampel penelitian adalah XI MIA 2 sebagai kelompok eksperiment dan kelas XI IIS 1 sebagai kelompok kontrol. Data hasil belajar dikumpulkan melalui tes obyektif, dan tes keterampilan menggunakan tes unjuk kerja. Analisis data menggunakan Uji-t dengan bantuan SPSS 16.0 for Windows. Berdasarkan hasil analisis data rata-rata kelompok eksperimen yaitu 0,31 lebih tinggi dari rata-rata kelompok kontrol yaitu 0,25. Dari hasil uji t yang diperoleh adalah 0,003, P<0,05. Dari pembahasan diatas dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar teknik dasar passing bola voli. Dengan demikian disarankan guru PJOK dapat menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD karena sudah terbukti berpengaruh positif terhadap peningkatan hasil belajar siswa. 
Institution Info

Universitas Pendidikan Ganesha