DETAIL DOCUMENT
PENGEMBANGAN BUKU AJAR MATA KULIAH BAHASA INGGRIS BERBASIS KECAKAPAN BELAJAR ABAD KE 21
Total View This Week0
Institusion
Universitas Pendidikan Ganesha
Author
WAHONO, SUPARWOTO SAPTO
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2022-02-16 06:32:25 
Abstract :
Fungsi buku ajar adalah mendukung aktivitas belajar yang efektif. Tujuan penelitian ini menghasilkan buku ajar, mendeskripsikan, dan mengetahui validitas dan efektivitas buku ajar bahasa Inggris berbasis kecakapan belajar abad 21. Model penelitian menggunakan design and development research (DDR). Subjek penelitian meliputi ahli buku ajar dan bahasa Inggris, dosen dan mahasiswa. Pengumpulan data menggunakan observasi, angket, wawancara, FGD dan tes. Data dianalisis dengan deskriptif kualitatif kuantitatif. Hasil penelitian berupa produk buku ajar bahasa Inggris sebagai hasil dari proses penelitian yang meliputi analisis kebutuhan, perancangan, penilaian ahli, revisi, uji coba terbatas, evaluasi dan produk akhir. Nilai rerata validitas dari subyek penelitian adalah 95.57%. Nilai rata-rata efektivitas produk adalah 90.43%. Rentang nilai 81-100 dikategorikan sangat valid dan sangat efektif. Kesimpulannya adalah produk buku ajar sangat valid dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran bahasa Inggris di IAIN Jember. Novelti penelitian ini adalah belum ada riset sejenis terutama di Pendidikan Tinggi Islam. 
Institution Info

Universitas Pendidikan Ganesha