DETAIL DOCUMENT
Developing Digital Supplementary Material for Assessing Past Future Tense by Using Quizizz for Freshman Students in English Language Education Study Program
Total View This Week0
Institusion
Universitas Pendidikan Ganesha
Author
Gitayani, Kadek Indah
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2022-02-16 07:40:09 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan suplemen materi past future tense digital untuk mahasiswa semester 1 di prodi pendidikan bahasa inggris. Penelitian ini menggunakan penelitian Design and Development (D&D) oleh Richey dan Klein (2005). Peneliti menggunakan tiga tahapan dalam penelitian ini: Desain, pengembangan, dan evaluasi. Observasi awal telah dilakukan di Universitas Pendidikan Ganesha. Pada observasi awal dosen IEC lebih sering menggunakan powerpoint, worksheet, dan buku dalam penyampaian materi di kelas. Suplemen materi digital diperlukan untuk membuat siswa memahami past future tense. Maka peneliti mengembangkan suplemen materi past future tense digital dengan menggunakan aplikasi Quizizz untuk semester 1 di program studi pendidikan bahasa Inggris. Beberapa instrumen yang digunakan untuk mengembangkan suplemen materi digital: catatan penelitian, blueprint, lembar evaluasi ahli konten, dan lembar evaluasi ahli media. Penelitian ini dilakukan dengan studi pustaka, analisis dokumen, dan expert judgments untuk mengumpulkan data. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan kuantitatif dalam analisis data. Rumusan masalah yang pertama tentang prosedur dalam mengembangkan suplemen materi past future tense digital melalui Quizizz menggunakan metode kualitatif. Rumusan masalah kedua membahas tentang kualitas dari suplemen materi past future tense digital melalui Quizizz menggunakan metode Kuantitatif. Penelitian ini menggunakan dua topik berdasarkan silabus IEC, yaitu topik telling plan in the past dan telling prediction in the past. Kualitas dari suplemen materi digital dinilai menggunakan expert judgement oleh para ahli, hasil dari penilaian adalah ahli pertama memberikan 96.4 untuk konten dan ahli dua memberikan 92.7%. Untuk penilaian media, ahli pertama memberikan 94% dan ahli kedua memberikan 96%. Hasil dari suplemen materi digital tergolong materi pebelajaran yang baik dan sebagai media penilaian materi. Dosen IEC diharapkan menggunakan berbagai digital materi dan Quizizz dalam penelitian ini dalam mengajar tata bahasa. Quizizz dalam penelitian ini dapat digunakan sebagai suplemen digital materi past future tense di dalam kelas. 
Institution Info

Universitas Pendidikan Ganesha