DETAIL DOCUMENT
Pengaruh Pendekatan Saintifik Berbasis Pembelajaran Treffinger Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Kritis Pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas IV SD
Total View This Week0
Institusion
Universitas Pendidikan Ganesha
Author
Hermayuni, Ni Made Tri Dhana
Subject
LB Theory and practice of education 
Datestamp
2022-02-17 02:30:28 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan saintifik berbasis pembelajaran treffinger terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika ditinjau dari kemampuan berpikir kritis siswa SD kelas IV di Gugus II Kecamatan Selemadeg Timur. Penelitian yang dilakukan ini merupakan penelitian eksperimen. Penelitian eksperimen bertujuan untuk menguji pengaruh variabel-variabel bebas terhadap variabel terikat. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah factorial design (rancangan faktorial) 2x2 dan desain penelitian Post-test only control group design. Penelitian ini menggunakan rancangan analisis varians dua jalur dengan faktor pemilah sebagai variabel moderator, yaitu kemampuan berpikir kritis. Pemilah dibagi menjadi dua kelompok siswa, yaitu siswa dengan kemampuan berpikir kritis tinggi dan siswa dengan kemampuan berpikir kritis rendah. Pemilahan dilakukan bersifat semu, artinya antara siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis tinggi dengan siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis rendah tidak dipisahkan secara nyata. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV Sekolah Dasar Di Gugus II Kematan Selemadeg Timur yang berjumlah 157 siswa. Berdasarkan hasil ANAVA dua jalur terkait dengan hipotesis diperoleh harga Fhitung= 1025.620, df = 1, dan sig = 0,000 yang berarti signifikansi <0,05 Selanjutnya dilakukan uji tukey yang menginduksi bahwa pembelajaran yang dilakukan dengan pendekatan saintifik berbasis pembelajaran treffinger dengan keterampilan berpikir kritis siswa yang tinggi memiliki nilai yang lebih tinggi daripada siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional untuk siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis rendah. 
Institution Info

Universitas Pendidikan Ganesha