DETAIL DOCUMENT
The Role of Video in Students' Learning in the Context of Flipped Learning-Based English Interaction at SMA N Bali Mandara
Total View This Week0
Institusion
Universitas Pendidikan Ganesha
Author
Andika, I Gusti Agung Yoga
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2022-02-16 12:56:43 
Abstract :
ABSTRAK Flipped learning adalah cara untuk meningkatkan pembelajaran yang berpusat pada siswa. Dalam model pembelajaran ini, siswa belajar sebelum kelas dimulai melalui materi pembelajaran pra kelas dengan menggunakan video pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki: (1) kontribusi video online terhadap pembelajaran bahasa Inggris siswa yang dilakukan dalam metode flipped learning di SMA N Bali Mandara; dan (2) persepsi siswa terhadap peran video online dalam pembelajaran bahasa Inggris berbasis flipped learning. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan desain penelitian deskriptif kualitatif. Subyek penelitian ini adalah siswa EFL kelas dua belas SMA N Bali Mandara yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan melalui wawancara dan dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa video online memudahkan siswa dalam mempelajari materi pembelajaran dimanapun dan kapanpun; video online juga menjadi bahan pembelajaran yang baik dan meningkatkan pembelajaran yang berpusat pada siswa. Selain itu, siswa memiliki respon yang sangat positif terhadap penggunaan flipped learning melalui video online. Berdasarkan hasil dari penemuan dan diskusi, ini meningkatkan motivasi siswa, dan juga secara signifikan meningkatkan fleksibilitas belajar siswa, otonomi belajar, dan kemampuan bahasa Inggris siswa. Hal ini menunjukkan bahwa flipped learning berhasil mencapai tujuan instruksional. Oleh karena itu, flipped learning dikombinasikan dengan video online sangat direkomendasikan untuk digunakan dalam proses belajar mengajar bahasa Inggris. Kata Kunci: EFL, Flipped Learning, Video Online 
Institution Info

Universitas Pendidikan Ganesha