DETAIL DOCUMENT
Penggunaan Sarana Pembelajaran Buatan Guru pada Proses Pembelajaran Jarak Jauh Luar Jaringan Bahasa Indonesia Siswa Kelas X di SMK Negeri Bali Mandara
Total View This Week0
Institusion
Universitas Pendidikan Ganesha
Author
Dewi, Putu Sri Laksmi
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2022-02-17 13:35:48 
Abstract :
Penelitian Deskriptif-Kualitatif ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses, hambatan-hambatan guru dan siswa serta respons siswa terhadap penggunaan bahan ajar buatan guru pada PJJ Luring bahasa Indonesia di kelas X SMKNh Bali Mandara. Subjek penelitian ini yaitu guru mata pelajaran bahasa Indonesia dan siswa kelas X SMKN Bali Mandara yang mengikuti PJJ secara Luring. Objek penelitian ini yaitu, proses pelaksanaan, hambatan-hambatan yang dialami guru dan siswa, serta respons siswa terhadap penggunaan sarana pembelajaran buatan guru pada proses PJJ Luring. Data dikumpulkan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa : proses pelaksanaan PJJ Luring berhasil di terapkan dengan cukup baik. Hambatan-hambatan yang diperoleh guru dan siswa yakni, guru kesulitan memberikan pemahaman secara intens terkait bahan ajar yang diberikan, guru kesulitan untuk memberikan inovasi-inovasi yang kreatif terhadap tugas-tugas yang melibatkan fasilitas tertentu, komunikasi yang kurang intens antara siswa dan guru serta jaringan internet yang kurang stabil Ketika siswa hendak mengikuti pembelajaran. Respons peserta didik terkait penggunaan sarana pembelajaran buatan guru pada proses PJJ Luring yaitu cukup baik. Hal ini dibuktikan dari rata-rata minat siswa 60%, respon yaitu 64%, serta efektivitas sarana pembelajaran, hasil rata-ratanya 65% dengan kualifikasi keefektivan cukup baik. 
Institution Info

Universitas Pendidikan Ganesha