DETAIL DOCUMENT
PENGEMBANGAN INSTRUMEN KEMAMPUAN HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) PADA SISWA KELAS VI SD TEMA 7 (KEPEMIMPINAN)
Total View This Week0
Institusion
Universitas Pendidikan Ganesha
Author
Suterkas, I Gede Jordi
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2022-02-17 00:47:54 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas isi, validitas butir, reliabilitas, daya pembeda, tingkat kesukaran dari instrumen kemampuan HOTS pada siswa kelas VI SD tema 7 (kepemimpinan). Penelitian ini berpedoman pada model pengembangan Borg&Gall dengan beberapa tahap pengembangan yaitu studi pendahuluan, tahap pengembangan, tahap validasi, tahap uji lapangan, serta tahap revisi produk. Instrumen yang dikembangkan berupa instrumen HOTS dengan bentuk pilihan ganda. Objek dalam penelitian ini yaitu kualitas dari butir soal HOTS yang dikembangkan. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu metode tes. Data dianalisis untuk mengetahui validitas isi, validitas butir soal, reliabilitas, daya pembeda soal, serta tingkat kesukara soal. Dari hasil analisis data, validitas isi diuji oleh lima pakar dengan mendapatkan hasil yang relevan dari keseluruhan pakar instrument tersebut, sesuai dengan data yang diperoleh di tiga sekolah hasil uji validitas butir soal memperoleh rata-rata skor sebesar 4,0 masuk dalam kategori baik, uji reliabilitas instrument mendapatkan rata-rata skor sebesar 0,71 sehingga masuk dalam kategori tinggi, uji daya pembeda instrumen mendapatkan rata-rata skor sebesar 0,46 sehingga masuk dalam kategori baik, sementara itu uji tingkat kesukaran instrumen mendapatkan rata-rata skor sebesar 0,52 masuk dalam kategori sedang. Sehingga instrumen kemampuan HOTS pada siswa kelas VI SD tema 7 (kepemimpinan) dinyatakan dapat mengukur kemampuan HOTS siswa dalam memecahkan masalah dan melatih kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik. 
Institution Info

Universitas Pendidikan Ganesha