DETAIL DOCUMENT
Studi Komparatif Kualitas Pelayanan Sebelum dan Setelah Penerapan Aplikasi PLN Mobile Di PT PLN (Persero) Unit Layanan Pelanggan Kuta Badung Bali.
Total View This Week0
Institusion
Universitas Pendidikan Ganesha
Author
Dody Darmawan, Ketut
Subject
AS Academies and learned societies (General) 
Datestamp
2022-02-16 23:29:19 
Abstract :
ABSTRAK Darmawan, Ketut Dody (2022). Studi Komparatif Kualitas Pelayanan Sebelum dan Setelah Penerapan Aplikasi PLN Mobile Di PT PLN (Persero) Unit Layanan Pelanggan Kuta Badung Bali. Tesis, Ilmu Manajemen, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha. Tesis ini sudah disetujui dan diperiksa oleh Pembimbing I: Dr. Wayan Bagia, M. Si dan Pembimbing II: Trianasari, MM., Ph.D. Kata-kata kunci: Kualitas Pelayanan, PLN Mobile Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan kualitas pelayanan sebelum dan setelah diterapkannya aplikasi PLN Mobile serta menguji secara empirik pengaruh penerapan aplikasi PLN Mobile pada kualitas pelayanan pelanggan di PT PLN (Persero) Unit Layanan Pelanggan Kuta Badung Bali. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah jumlah pelanggan wilayah Kecamatan Kuta sebanyak 200 sample dengan formula perhitungan menggunakan rumus Slovin. Teknik pengambilan data menggunakan metode kuisioner yang diisi melalui Google Form dengan sistem Cluster Random Sampling. Teknik analisis data menggunakan Uji T-Berpasangan (Paired Sample TTest). Hasil penelitan menunjukkan: (1) Tingkat kualitas pelayanan pelanggan sebelum diterapkannya aplikasi PLN Mobile atau secara manual menunjukkan nilai rata–rata yang lebih kecil dengan kategori kualitas pelayanan pelanggan terbilang “Cukup”. Terbilang cukup karena sesuai pembahasan belum menerapkan sistem digitalisasi sesuai perkembangan teknologi sekarang ini yang belum bisa diterapkan dimasa Pandemi Covid 19 karena masih sangat manual yang memerlukan proses tatap muka langsung untuk mendapatkan suatu pelayanan. (2) Tingkat kualitas pelayanan pelanggan setelah diterapkannya aplikasi PLN Mobile menunjukkan kategori kualitas pelayanan pelanggan “Sangat Tinggi”. Terbilang saangat tinggi karena sesuai pembahasan sudah menerapkan sistem digitalisasi sesuai perkembangan teknologi sekarang ini yang sangat ideal diterapkan dimasa Pandemi Covid 19 karena sudah bisa diakses disatu genggaman dimanapun dan kapanpun untuk mendapatkan suatu pelayanan. (3) Berdasarkan hasil uji t – berpasangan (Paired Sample Test), adanya pengaruh yang kuat atau tinggi terhadap penerapan aplikasi PLN Mobile dengan perbedaan yang signifikan antara Pelayanan PLN secara manual dan PLN Mobile dari kulitas pelayanan kategori “Cukup” menjadi “Sangat Tinggi” di PT PLN (Persero) Unit Layanan Pelanggan Kuta Badung Bali. 
Institution Info

Universitas Pendidikan Ganesha