Institusion
Universitas Pendidikan Ganesha
Author
Sri Wahyu Purnami, Ni Luh
Subject
AS Academies and learned societies (General)
Datestamp
2022-02-17 00:55:16
Abstract :
DEVELOPING AUTHENTIC ASSESSMENT RUBRIC TO ASSESS THE
ENGLISH SKILLS OF 4
TH
GRADE STUDENTS IN BULELENG
By:
Ni Luh Sri Wahyu Purnami, NIM 1812021020
English Language Education Department, Ganesha University of Education,
Singaraja
E-mail: sri.wahyu.purnami@undiksha.ac.id
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan rubrik penilaian autentik siswa
kelas IV di Kabupaten Buleleng berbasis pembelajaran discovery, berbasis
masalah, berbasis proyek, dan pembelajaran berbasis tugas. Metode D&D atau
Desain dan Pengembangan digunakan dengan model penelitian Analisis, Desain,
Pengembangan, dan Evaluasi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas
IV. Wawancara dengan guru dan siswa, observasi, dan studi dokumen dilakukan
untuk mengumpulkan data. Rubrik dikembangkan berdasarkan hasil analisis, dan
disesuaikan dengan cetak biru silabus SD kelas IV. Rubrik yang dikembangkan
terdiri dari metode pengajaran, instruksi guru, aktivitas sintaksis, sumber
pengajaran, rubrik penilaian proses dan produk atau kinerja, penilaian diri
terhadap proses, dan penilaian diri terhadap produk atau kinerja pembelajaran.
Berdasarkan penilaian dari tiga ahli, rubrik tersebut dikategorikan sebagai rubrik
yang “sangat baikâ€. Sementara itu, dari penilaian guru, salah satu guru
mengkategorikan rubrik sebagai rubrik yang “baikâ€, dan guru lainnya
memberikan kategori rubrik yang “sangat baikâ€.
Kata Kunci: penilaian otentik, rubrik, pelajar usia dini, metode pengajaran
inovatif.