Abstract :
PENGGUNAAN MEDIA DARING TERHADAP
MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN SENI RUPA
SELAMA PANDEMI COVID-19
Oleh
I Kadek Anggardana Yasa / 1712031040
Program Studi Pendidikan Seni Rupa
Jurusan Seni dan Desain
Abstrak
Penelitiaan ini merupakan penelitiaan kualitatif yang bertujuan untuk
mendeskripsikan pengaruh motivasi belajar mahasiswa program studi Pendidikan
seni rupa di Universitas Pendidikan Ganesha terhadap penggunaan media daring
selama pandemic Covid-19. Pada tahun 2019 dunia digemparkan oleh wabah
virus Covid-19. Pemerintah Indonesia mengeluarkan peraturan untuk
melaksankan School From Home diupayakan untuk mengurangi penyebaran virus
Covid-19. Program studi Pendidikan seni rupa di Universitas Pendidikan Ganesha
merupakan salah satu yang mengikuti program SFH ini. Media daring digunakan
sebagai sarana pendukung perkuliahan online di masa pandemic. Dosen dan
mahasiswa menggunakan media daring untuk perkuliahan secara teori dan juga
praktik selama SFH berlangsung.. Pada penelitiaan ini peneliti menggunakan 11
responden, yaitu 7 responden dari dosen program studi pendidikan seni rupa dan 4
responden dari mahasiswa program studi Pendidikan seni rupa. Teknik
pengambilan data menggunakan teknik wawancara secara tak terstruktur dengan
menggunakan pedoman wawancara. Hasil penelitiaan ini mengungkap bahwa
media daring berpengaruh akan motivasi belajar mahasiswa program studi
Pendidikan seni rupa khususnya mata kuliah teori. Beberapa kendala yang
membuat media daring mengurangi efektitas dalam pembelajaran online yaitu
sinyal yang tidak memadai disetiap daerah tinggal mahasiswa dan mahasiswa juga
merasa kurang pada pembelajaran secara praktikum.
Kata kunci : SFH, Media Daring, Mahasiswa