DETAIL DOCUMENT
Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division terhadap Hasil Belajar Menggiring Bola Dalam Permainan Sepakbola pada Siswa Kelas XI SMK Pariwisata Triatma Jaya Singaraja Tahun Pelajaran 2019/2020
Total View This Week0
Institusion
Universitas Pendidikan Ganesha
Author
Putra, I Kadek Kusuma Mandala
Subject
HA Statistics 
Datestamp
2020-02-21 01:42:04 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatf tipe STAD terhadap hasil belajar menggiring bola dalam permainan sepakbola. Jenis penelitian ini adalah ekperimen sungguhan (true experimental) dengan dengan menggunakan rancanagn penelitiaan the randomized posttest only control group the same subjec design. Populasi dari penelitian ini adalah kelas XI SMK Pariwisata Triatma Jaya Singaraja tahun pelajaran 2019/2020. Sampel dipilih menggunakan teknik random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar unjuk kerja. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji independent samples t-test berbantuan IBM SPSS Statistics 23. Analisis data rata-rata nilai kelompok eksperimen adalah 89,53 sedangkan kelompok kontrol 83,90 (89,53 > 83,90). Berdasarkan hasil analisis diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,00 < 0,05 sehingga diterima. Disimpulkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar menggiring bola dalam permainan sepakbola (menggiring bola menggunakan kaki bagian dalam dan kaki bagian luar) pada siswa kelas XI SMK Pariwisata Triatma Jaya Singaraja tahun pelajaran 2019/2020. Dengan demikian disarankan kepada guru PJOK dapat menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division karena terbukti bepegaruh singnifikan terhadap hasil belajar siswa. 
Institution Info

Universitas Pendidikan Ganesha