DETAIL DOCUMENT
An Analysis of Grammatical Errors Committed by Students in Writing Comparison and Contrast Paragraphs
Total View This Week0
Institusion
Universitas Pendidikan Ganesha
Author
Yudhayana, Candra Dwi
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2022-02-17 02:16:14 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan, menganalisis, dan menghitung jenis dan sumber kesalahan tata bahasa yang dilakukan oleh mahasiswa semester dua dari empat kelas di jurusan Pendidikan Bahasa Inggris tahun ajaran 2020/2021 dalam paragraf perbandingan dan kontras. Tes akhir semester mata kuliah Paragraf Writing digunakan sebagai instrumen dalam penelitian ini. Selain itu, dalam menganalisis data digunakan teori Dulay, Burt, dan Krashen (1982) untuk menjelaskan jenis-jenis kesalahan dan teori Richards (1974) digunakan untuk menganalisis sumber kesalahan. Setelah itu, data tersebut dihitung. Dari 114 paragraf, ditemukan 38 paragraf yang mengandung kesalahan. Terdapat empat jenis kesalahan yang diklasifikasikan, yaitu omission dengan 61 kesalahan atau 65%, diikuti oleh addition sebanyak 23 kesalahan atau 25%, kemudian misformation dengan 6 kesalahan atau 6%, dan yang paling rendah adalah misordering dengan 4 kesalahan atau 4%. Kesalahan disebabkan karena dua sumber; yang pertama adalah interlingual error yang terjadi 52 kali atau 54,84% dan yang kedua adalah intralingual error sebanyak 42 kali atau 45,16%. Kesimpulannya, kesalahan omission dan addition merupakan kesalahan yang perlu diperhatikan karena kedua jenis kesalahan ini menunjukkan angka yang sangat signifikan. Oleh karena itu, siswa harus lebih sadar akan aturan tata bahasa dan guru harus menekankan metode atau teknik pengajaran yang tepat untuk mencegah kesalahan yang sama terjadi di masa depan. 
Institution Info

Universitas Pendidikan Ganesha