DETAIL DOCUMENT
TEACHER AND STUDENTS’ EXPERIENCE IN TEACHING AND LEARNING ENGLISH SPEAKING SKILL WITH HAND PUPPET AT JUNIOR HIGH SCHOOL
Total View This Week0
Institusion
Universitas Pendidikan Ganesha
Author
GUNAWAN, I WAYAN RAY
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2022-02-17 04:34:43 
Abstract :
ABSTRAK Pembentukan media pembelajaran yang kreatif sangat di perlukan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dan hasilnya, dimana boneka tangan dapat di integrasikan sebagai media alternative dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pengalaman siswa dan guru dalam pembelajaran berbicara dengan menggunakan boneka tangan. Model penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan rancangan penelitian Narrative Inquiry. Dengan menggunakan kerangka narrative dan pedoman wawancara sebagai instrument untuk memperoleh data yang di butuhkan. Penelitian ini melibatkan 1 guru bahasa Inggris dan 10 siswa di SMP N 1 Mengwi untuk di teliti. Hasil penelitian menunjukan bahwa guru dan siswa memiliki pengalaman yang baik setelah menggunakan boneka tangan sebagai media pembelajaran dalam pembelajaran berbicara bahasa Inggris. Guru menekankan beberapa poin penting manfaat menggunakan boneka tangan seperti membantu dalam proses pembelajaran, memudahkan dalam menangani kelas, membantu siswa dalam meningkatkan rasa percaya diri dan memotivasi siswa. Selain itu, para siswa juga menyebutkan bahwa hal itu mempengaruhi suasana kelas menjadi lebih menyenangkan, aktif, dan mendorong siswa untuk berbicara bahasa inggris. Oleh karena itu, penggunaan boneka tangan di dalam kelas sangat dianjurkan. 
Institution Info

Universitas Pendidikan Ganesha