Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) perencanaan program Kampus
Mengajar 1 dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia di SD Swasta Rahayu Chandra
Betania School Kabupaten Kabanjahe, Sumatera Utara, (2) pelaksanaan program
Kampus Mengajar I dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia di SD Swasta Rahayu
Chandra Betania School Kabupaten Kabanjahe, Sumatera Utara, dan (3) kendalakendala yang dihadapi dalam pelaksanaan program Kampus Mengajar 1 dalam
mata pelajaran Bahasa Indonesia di SD. Penelitian ini berjenis deskriptif dengan
menggunakan pendekatan kualitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa
yang mengikuti program Kampus Mengajar 1 dalam mata pelajaran Bahasa
Indonesia di SD Swasta Rahayu Chandra Betania School Kabupaten Kabanjahe,
Sumatera Utara. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan metode
observasi, wawancara, kuisioner dan dokumentasi. Langkah-langkah yang
digunakan dalam tahap analisis data, yakni reduksi data, penyajian data, penarikan
kesimpulan/verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Pada tahap
perencanaan, guru dan murid melakukan pembelajaran secara daring dan
mahasiswa mempersiapkan rangcangan kegiatan sesuai dengan kurikulum yang
digunakan di sekolah, yaitu Kurikulum 2013 (K-2013), (2) Pada tahap pelaksanaan,
antusias belajar siswa sangat baik khususnya dalam mata pelajaran Bahasa
Indonesia. Terbukti dari peserta didik sudah memenuhi komponen-komponen
utama dari Kurikulum 2013. Selain itu juga prosesnya dapat dilihat dari
pengumpulan tugas peserta didik yang mereka kerjakan selalu tepat waktu, dan (3)
sehubung dengan kendala yang dihadapi ialah terkait dengan fasilitas penunjang
seperti gawai yang terbatas dan faktor orang tua yang tidak selalu dapat mengwasai
mereka ketika di rumah.