DETAIL DOCUMENT
PENGEMBANGAN INSTRUMEN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN MOTIVASI BELAJAR PADA PELAJARAN IPA TERINTEGRASI TEMA 8 KELAS V SEKOLAH DASAR
Total View This Week0
Institusion
Universitas Pendidikan Ganesha
Author
Lestari, Ida Ayu Mega
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2022-02-18 06:17:39 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan pengembangan instrumen kemampuan berpikir kritis dan instrumen motivasi belajar siswa kelas V SD yang valid. (2) menghasilkan pengembangan intrumen kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar siswa kelas V SD yang reliabel. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dan model pengembangan yang digunakan adalah model 4-D. Pengembangannya terdiri dari empat tahap yaitu define, design, develop dan disseminate. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Instrumen kemampuan berpikir kritis yang dikembangkan memenuhi syarat validitas isi dengan nilai 1.00 berada pada kategori sangat baik dan sangat layak digunakan. (2) Instrumen motivasi belajar yang dikembangkan memenuhi syarat validitas konten dengan nilai 0,9 yang dinyatakan valid sehingga layak digunakan dalam pembelajaran. (3) Instrumen berpikir kritis yang dikembangkan memenuhi syarat reliabilitas ekpert dengan nilai 0,972 dengan kategori sangat tinggi sehingga layak digunakan dalam pembelajaran. (4) Instrumen motivasi belajar yang dikembangkan memenuhi syarat reliabilitas ekpert dengan nilai 0,979 dengan kategori sangat tinggi sehingga layak digunakan dalam pembelajaran. 
Institution Info

Universitas Pendidikan Ganesha