DETAIL DOCUMENT
ASSESSMENT INSTRUMENTS FOR ENGLISH LITERACY IN BLENDED LEARNING FOR GRADE 8 IN SECOND SEMESTER
Total View This Week0
Institusion
Universitas Pendidikan Ganesha
Author
Arsini, Ni Nyoman
Subject
LB Theory and practice of education 
Datestamp
2022-02-18 08:37:26 
Abstract :
ABSTRAK Pendidikan pada abad ke 21 mengharuskan siswa untuk memiliki pengetahuan yang lebih luas, tidak terkecuali pada bidang Bahasa inggris. Sehingga guru harus mampu mempersiapkan siswa untuk mengasah kemampuan mereka pada 4 keahlian seperti mendengarkan, membaca, menulis, dan juga berbicara. Hal tersebut erat kaitannya dengan literasi yang saat ini harus menjadi bagian dari pembelajaran. Tidak hanya itu, guru juga harus mampu menggunakan instrument penilaian yang mencangkup 4 keahlian siswa dalam literasi khususnya literasi Bahasa Inggris. Sejalan dengan itu, pembelajaran saat ini dilakukan dengan system online karena adanya COVID-19. Kemudian masalah yang ditemukan saat ini adalah belum ada instrument penilaian yang sesuai untuk dapat digunakan oleh guru untuk menilai literasi Bahasa inggris siswa baik online, offline atau blended. Sehingga, penelitian ini dilakukan dengan tujuan (1) menganalisis jenis kebutuhan yang diperlukan untuk menilai literasi Bahasa inggris pada kelas 8 semester kedua, (2) mengembangkan instrument penilaian literasi Bahasa inggris kelas 8 semester kedua, (3) menentukan kualitas produk da nisi dari instrument penilaian yang dikembangkan untul menilai literasi Bahasa inggris kelas 8 semester kedua. Penelitian ini mengadopsi desain penelitian dan pengembangan dan 4D model yang mencangkup Define, Design, Develop, dan Disseminate oleh Thiagarajan. Selain itu, metode pengumpulan data menggunakan survei, wawancara, observasi, analisis dokumen, kuisioner, lembar observasi serta pedoman wawancara. Meskipun penelitian ini mengadopsi 4D model, penelitian hanya dibatasi pada Develop stage yang menjadi bagian dari proposal besar pada tahun pertama. Hasil penelitian ini menemukan kebutuhan pada pengembangan instrument literasi Bahasa inggris seperti target needs which include the necessities of assessment, including assessment of learning, as learning, and for learning, wants and lacks. Terlebih lagi, instrument penilaian yang diperlukan bersifat otentik sehingga membantu siswa untuk lebih memahami. Disamping itu, siswa juga dapat mengintegrasikan teknologi pada instrumen penilaian ini. Hasil dari pengembangan instrument ini dapat digunakan baik online ataupun offline. Kemudian pada analisis uji kualitas isi dan produk mendapatkan hasil layak untuk digunakan untuk siswa kelas 8 semester kedua dengan persentase 98% dan 96%. Oleh karena itu, guru bahasa Inggris dapat menggunakan penelitian ini sebagai sarana untuk mengembangkan instrumen penilaian campuran. Apalagi dengan memperhatikan penilaian pembelajaran, penilaian pembelajaran, dan penilaian sebagai pembelajaran sehingga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran. Kata-kata kunci: instrumen asesmen, pemelajaran campuran, literasi Bahasa Inggris 
Institution Info

Universitas Pendidikan Ganesha