Abstract :
PENGEMBANGAN VIDEO BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING
MENGUNAKAN VIDEOSCRIBE PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS
V SD NEGERI 1 BAKTISERAGA TAHUN PELAJARAN 2020/2021
Oleh
Rohaima Saragi, NIM 1711021012
Prodi Teknologi Pendidikan
ABSTRAK
Penelitian pengembangan ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar
siswa pada mata pelajaran IPS dan video pembelajaran memiliki hasil belajar
yang rendah, dan belum mampu mendukung pembelajaran mata pelajaran IPS.
Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan video
pembelajaran dan mengetahui keefektifan video pembelajaran dalam
pembelajaran penelitian sosial. Penelitian pengembangan ini menggunakan model
ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Hasil
validitas produk dianggap valid dalam setiap evaluasi, a) persentase hasil evaluasi
ahli isi pembelajaran dalam kategori baik adalah 86%, b) persentase hasil evaluasi
ahli desain pembelajaran adalah 90%, kategori sangat baik, c) hasil review ahli
media pembelajaran, 82% kategori baik, d) hasil review tes individu, 95,93%
kategori sangat baik, e) hasil review tes kelompok, persentase kategori sangat
baik 99,75% . Berdasarkan hal tersebut, video pembelajaran penelitian sosial
dapat meningkatkan motivasi serta hasil belajar siswa dalam prosespembelajaran.
Kata Kunci: Pengembangan, Video Pembelajaran, IPS, ADDIE