DETAIL DOCUMENT
PENGEMBANGAN VIDEO BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING MENGUNAKAN VIDEOSCRIBE PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SD NEGERI 1 BAKTISERAGA TAHUN PELAJARAN 2020/2021
Total View This Week0
Institusion
Universitas Pendidikan Ganesha
Author
Saragi, Rohaima
Subject
AS Academies and learned societies (General) 
Datestamp
2022-02-18 01:00:07 
Abstract :
PENGEMBANGAN VIDEO BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING MENGUNAKAN VIDEOSCRIBE PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SD NEGERI 1 BAKTISERAGA TAHUN PELAJARAN 2020/2021 Oleh Rohaima Saragi, NIM 1711021012 Prodi Teknologi Pendidikan ABSTRAK Penelitian pengembangan ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dan video pembelajaran memiliki hasil belajar yang rendah, dan belum mampu mendukung pembelajaran mata pelajaran IPS. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan video pembelajaran dan mengetahui keefektifan video pembelajaran dalam pembelajaran penelitian sosial. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Hasil validitas produk dianggap valid dalam setiap evaluasi, a) persentase hasil evaluasi ahli isi pembelajaran dalam kategori baik adalah 86%, b) persentase hasil evaluasi ahli desain pembelajaran adalah 90%, kategori sangat baik, c) hasil review ahli media pembelajaran, 82% kategori baik, d) hasil review tes individu, 95,93% kategori sangat baik, e) hasil review tes kelompok, persentase kategori sangat baik 99,75% . Berdasarkan hal tersebut, video pembelajaran penelitian sosial dapat meningkatkan motivasi serta hasil belajar siswa dalam prosespembelajaran. Kata Kunci: Pengembangan, Video Pembelajaran, IPS, ADDIE 
Institution Info

Universitas Pendidikan Ganesha