Abstract :
Pendidikan karakter tertuju pada terwujudnya manusia masa depan yang
menumbuh kembangkan nilai-nilai filosofis dan mengamalkan seluruh karakter
bangsa secara utuh dan menyeluruh. Pendidikan juga selayaknya membentuk
karakter kearah yang lebih baik. Pada peraturan pemerintah No.55 tahun 2007
tentang pendidikan agama dan pendidikan keagamaan menyatakan pendidikan
agama berfungsi untuk membentuk manusia Indonesia yang beriman dan
bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Pendidikan agama sangatlah penting
dalam membentuk karakter manusia, karena didalam pendidikan agama salah
satunya pendidikan agama Hindu banyak terkandung ajaran-ajaran etika yang
dapat mengarahkan peserta didik memiliki karakter yang baik dalam
kehidupannya. Pembentukan karakter seharusnya sudah ditanamkan sejak dini,
salah satunya pada saat anak memasuki sekolah di taman kanak-kanak (TK).
Namun pada kenyataannya pendidikan karakter yang harus dibentuk dalam diri
anak di TK, belum ditanamkan secara mendalam pada anak usia dini. Hal ini
dapat dilihat dari kegiatan belajar di Lembaga Paud khususnya pada TK saat ini,
yang mana pendidikan di TK cenderung lebih menekankan pendidikan akademik
seperti calistung (membaca, menulis, dan berhitung) dari pada pengembangan
aspek pendidikan karakter berdasarkan pendidikan agama Hindu. Apabila
pendidikan karakter bukan lagi menjadi pioritas utama yang harus diberikan pada
anak usia dini baik dilingkungan keluarga maupun lingkungan sekolah. Maka
tidak heran jika anak usia dini saat ini, sudah berani melawan pada orang tua atau
guru di sekolah, serta berkelahi dengan temannya sampai saling melukai. Melihat
fenomena tersebut perlunya menanamkan pendidikan karakter pada anak usia dini
untuk menghindari perilaku yang tidak baik. TK Dwijendra merupakan salah satu
TK swasta bernuansa Hindu yang dalam kegiatan kesehariannya sangat kental
dengan pendalaman ajaran pendidikan agama Hindu. TK Dwijendra memiliki
salah satu tujuan dalam yaitu menanamkan budi pekerti kepada anak didiknya
dengan memberikan pelajaran berupa pendidikan agama, serta mampu
mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Fokus masalah yang dapat
dirumuskan dan dikaji dalam penelitian ini yaitu, sebagai berikut; 1) Mengapakah
pendidikan agama Hindu dapat membentuk karakter anak pada TK Dwijendra di
Desa Dangin Puri Kangin, Denpasar Utara? 2) Bagaimanakah penerapan
pendidikan agama Hindu dalam membentuk karakter anak pada TK Dwijendra di
Desa Dangin Puri Kangin, Denpasar Utara? 3) Bagaimanakah tanggapan
masyarakat terhadap pendidikan karakter anak pada TK Dwijendra di Desa
Dangin Puri Kangin, Denpasar Utara.