DETAIL DOCUMENT
APLIKASI ANALISIS KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP PELAYANAN AKADEMIK MENGGUNAKAN FUZZY LOGIC MAMDANI DAN SUGENO
Total View This Week104
Institusion
Universitas Katolik De La Salle
Author
Sondak, Chenny P. K.
Subject
T Technology (General) 
Datestamp
2019-11-25 05:06:34 
Abstract :
Pelayanan yang mengutamakan kepentingan mahasiswa menjadi suatu hal untuk meningkatkan kualitas kinerja dari bagian akademik. Setiap penilaian pelayanan dari setiap mahasiswa dapat berbeda-beda. Misalnya, ada mahasiswa yang merasa puas dan ada yang masih merasa belum puas dengan pelayanan yang telah diberikan. Untuk menganalisis hal tersebut dapat digunakan metode inferensi Fuzzy Logic Mamdani dan Sugeno. Metode Mamdani merupakan metode dimana setiap aturan memiliki bentuk implikasi yaitu sebab akibat dan mempunyai nilai keanggotaan minimum dengan gabungan berbentuk maksimum. Sedangkan metode Sugeno merupakan metode dengan output konsekuen atau sistem berupa konstanta atau persamaan linear. Kedua metode tersebut dapat mengukur tingkat kepuasan pelayanan akademik sehingga ada suatu kebutuhan untuk membangun Aplikasi Analisis Kepuasan Mahasiswa terhadap Pelayanan Akademik dari bagian akademik Universitas De La Salle Manado. Aplikasi Analisis Kepuasan Mahasiswa terhadap Pelayanan Akademik menggunakan Fuzzy Logic metode Mamdani dan Sugeno ini menggunakan Matlab R2013a dan flowchart sebagai kakas penggambaran alur aplikasi. Hasil pengujian terhadap aplikasi menyimpulkan bahwa dari 40 sampel data yang diambil dan dianalisis menggunakan sistem inferensi Fuzzy metode Mamdani diperoleh hasil akurasi 70% . Untuk sistem inferensi Fuzzy metode Sugeno memiliki hasil akurasi 67.5%. Pengukuran tingkat kepuasan mahasiswa terhadap bagian akademik menggunakan metode Fuzzy Mamdani menunjukkan hasil yang lebih akurat dibandingkan metode Sugeno. Kata Kunci : Fuzzy Logic, Mamdani, Sugeno, Akademik 
Institution Info

Universitas Katolik De La Salle