Abstract :
Pembuatan game berbasis desktop saat ini mengalami perkembangan yang semakin pesat tiap tahunnya. Salah satu jenis game yang mulai digemari oleh masyarakat adalah game Tower Defense. Tower Defense adalah game strategi
dimana pemain harus melindungi suatu area dengan membuat benteng pertahanan.
Game berjenis Tower Defense ini memiliki strategi yang beragam mulai dari metode jalur musuh, alur permainan, hingga strategi bertahan. Dalam perkembangannya, game yang berjenis Tower Defense masih memiliki kekurangan terutama pada strategi dan alur permainannya dimana strategi dan alur permainan kurang memiliki kompleksitas dalam prosesnya. Hal ini membuka peluang untuk mengembangkan game dengan jenis yang sama yaitu game
Harbor Defense yang berbeda dari biasanya dengan menambahkan strategi dan alur permainan yang lebih kompleks sehingga lebih menarik untuk dimainkan.
Salah satu caranya adalah dengan menambahkan metode Heuristik dengan teknik pencarian Generate And Test yang digunakan dalam proses pembuatan arena dan mencari jarak terdekat dari musuh.
Game Harbor Defense dengan metode Heuristik ini dibuat dengan menggunakan perangkat lunak Unity 2017.3.1f1 Personal dengan bahasa pemrograman C#. Metodologi yang digunakan dalam penulisan laporan penelitian ini adalah metodologi multimedia. Tools yang digunakan adalah diagram flowchart dan storyboard.
Hasil dari penelitian ini memaparkan bahwa game Harbor Defense menggunakan metode Heuristik telah dibuat lebih kompleks dan menarik.
Kata Kunci :
Desktop, game Harbor Defense, metode Heuristik Generate And Test.