DETAIL DOCUMENT
Pengaruh Persepsi Nasabah Atas Risiko, Kepercayaan, Manfaat, Dan Kemudahan Terhadap Penggunaan E-Banking Di Kota Manado
Total View This Week15
Institusion
Universitas Katolik De La Salle
Author
KARUNDENG, DWISANTI MARSELA TRISHA
Subject
HF5601 Accounting 
Datestamp
2019-11-04 01:22:16 
Abstract :
Electronic banking (E-Banking) merupakan bukti perkembangan teknologi pada industri perbankan dan fasilitas ini mendapatkan respon baik dari nasabah. Dimana e-banking merupakan fasilitas layanan yang disediakan oleh bank dengan tujuan untuk mempermudah nasabah dalam melakukan suatu transaksi. Fasilitas ini terdiri dari ATM, internet banking, mobile banking, SMS banking, phone banking, EDC dan video banking. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui Pengaruh Persepsi Nasabah atas Risiko, Kepercayaan, Manfaat dan Kemudahan Terhadap Penggunaan E-Banking di Kota Manado. Populasi penelitian adalah nasabah pengguna electronic banking di Kota Manado, dengan sampel penelitian sebanyak 80 responden. Peneliti memperoleh data secara primer melalui angket. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling. Dilakukan pengujian angket secara validitas dan reliabilitas. Beberapa uji asumsi klasik yang peneliti gunakan adalah uji normalitas, uji heterokedastisitas, uji multikolinieritas, dan uji linearitas. Serta Analisis Regresi Linear Berganda sebagai analisis data dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Persepsi Risiko berpengaruh tidak signifikan terhadap penggunaan e-banking, hal ini dibuktikan dengan nilai hasil uji regresi linear berganda sebesar 0,035 dan hasil uji t yang menyatakan nilai sig sebesar 0,848 dimana lebih besar dari 0,05 dan t hitung 0,193 < t tabel 1,992. (2) Persepsi Kepercayaan berpengaruh signifikan terhadap penggunaan e-banking, hal ini dibuktikan dengan nilai hasil uji regresi linear berganda sebesar 0,313 dan hasil uji t yang menyatakan nilai sig sebesar 0,036 dimana lebih kecil dari 0,05 dan t hitung 2,140 > t tabel 1,992. (3) Persepsi Manfaat berpengaruh signifikan terhadap penggunaan e-banking, hal ini dibuktikan dengan nilai hasil uji regresi linear berganda sebesar 0,173 dan hasil uji t yang menyatakan nilai sig sebesar 0,040 dimana lebih kecil dari 0,05 dan t hitung 2,094 > t tabel 1,992. (4) Persepsi Kemudahan berpengaruh tidak signifikan terhadap penggunaan e-banking, hal ini dibuktikan dengan nilai hasil uji regresi linear berganda sebesar 0,241 dan hasil uji t yang menyatakan nilai sig sebesar 0,149 dimana lebih besar dari 0,05 dan t hitung 1,457 < t tabel 1,992. Melalui uji f (simultan), menunjukkan bahwa Persepsi Risiko, Kepercayaan, Manfaat dan Kemudahan berpengaruh signifikan terhadap penggunaan e-banking, dibuktikan dengan hasil F hitung 11,465 > F tabel 2,49. Kata Kunci : Persepsi Risiko, Kepercayaan, Manfaat, Kemudahan, dan Penggunaan E-Banking. 
Institution Info

Universitas Katolik De La Salle