DETAIL DOCUMENT
ANALISIS SENTIMEN CUITAN DI TWITTER PADA PEMILIHAN PRESIDEN MENGGUNAKAN METODE NAÏVE BAYES
Total View This Week15
Institusion
Universitas Katolik De La Salle
Author
Wongkar, Meylan
Subject
T Technology (General) 
Datestamp
2019-11-25 02:23:38 
Abstract :
Analisis sentimen merupakan suatu kegiatan yang dilakukan untuk melihat tingkat sentimen masyarakat atau opini masyarakat yang berkaitan dengan barang atau jasa bahkan seorang tokoh, baik itu tokoh politik maupun selebritis. Pada penelitian ini dilakukan pembangunan aplikasi sentimen analisis twitter terhadap calon presiden Republik Indonesia tahun 2019, dengan menggunakan bahasa pemrograman python. Ada beberapa tahap yang dilakukan untuk melakukan sentimen analisis ini, yaitu dilakukan pengumpulan data dengan menggunakan library yang ada di python, text processing, pengujian data latih, dan klasifikasi teks dengan menggunakan metode Naïve Bayes. Metode Naïve Bayes digunakan untuk membantu dalam mengklasifikasikan kelas atau tingkat sentimen dari masyarakat. Hasil dari penelitian ini didapatkan bahwa nilai polaritas sentimen positif pasangan Jokowi – Ma’ruf Amin adalah 45,45% dan nilai negatif 54,55%, sedangkan pasangan Prabowo – Sandiaga mendapat nilai sentimen positif sebesar 44,32% dan negatif 55,68%. Selanjutnya dilakukan pengujian data gabungan dari data latih yang digunakan untuk masing – masing calon pasangan presiden dan mendapatkan hasil akurasi sebesar 80,90% ≈ 80,1%. Kata kunci : Analisis sentimen, pemilu, Naïve Bayes, twitter,python. 
Institution Info

Universitas Katolik De La Salle