DETAIL DOCUMENT
PENERAPAN TEKNOLOGI MARKERLESS AUGMENTED REALITY PADA APLIKASI KATALOG PEMASARAN RUMAH
Total View This Week15
Institusion
Universitas Katolik De La Salle
Author
Sumendap, Gisela Jesse
Subject
TA Engineering (General). Civil engineering (General) 
Datestamp
2019-11-25 02:08:05 
Abstract :
Pada Tugas akhir ini, telah dilakukan penelitian mengenai Penerapan Teknologi Markerless Augmented Reality Pada Aplikasi Katalog Pemasaran Rumah. Bisnis properti saat ini sedang menjamur di kota-kota besar seperti di kota Manado, karena keuntungan yang cukup besar sehingga banyak didapati perusahaan yang bergerak di bidang properti seperti bisnis properti pemasaran perumahan CitraLand Manado. Dalam pemasarannya, bisnis properti hanya mempromosikan perumahan mereka pada website maupun stand-stand yang biasanya didirikan di pusat perbelanjaan atau mall maupun lewat pembagian brosur kepada konsumen dengan memperlihatkan gambar 2D untuk foto-foto perumahan yang ditawarkan maupun desain rumah. Hal ini dinilai masih kurang menarik minat konsumen karena objek rumah yang ditawarkan masih berupa gambar 2D dan foto-foto perumahan saja. Augmented Reality (AR) adalah teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi dan ataupun tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata tiga dimensi lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut dalam waktu nyata. Penerapan teknologi AR pada bidang bisnis properti pemasaran rumah dapat menarik minat konsumen atau calon pembeli dengan menampilkan tampilan 3D rumah maupun desain rumah pada katalog rumah sehingga akan terlihat lebih detail dan nyata. Dalam Tugas Akhir ini akan dibuat aplikasi katalog pemasaran rumah dengan menerapkan Teknologi Markerless Augmented Reality yang dapat mempermudah calon pembeli rumah dalam mencari informasi rumah yang akan dibeli dengan menampilkan 3D bangunan rumah, informasi-informasi rumah dalam bentuk objek dan menjelajah 3D bangunan rumah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah siklus hidup multimedia dan kakas yang digunakan yaitu storyboard dan flowchart untuk menjelaskan tahap-tahap pembuatan aplikasi. Aplikasi yang dibangun berbasis Android dengan menggunakan tools Unity dan Void AR serta Sketch Up dalam pemodelan 3D. Berdasarkan hasil pengujian yang telah dilakukan oleh beberapa pengguna, menyatakan bahwa aplikasi yang dibangun berhasil menampilkan 3D bangunan rumah, informasi-informasi rumah serta fungsi tur pada 3D bangunan yg berjalan dengan baik sehingga aplikasi ini dapat mempermudah calon pembeli dalam mendapatkan informasi rumah yang akan dibeli. Kata Kunci : Augmented Reality, Markerless, Android. 
Institution Info

Universitas Katolik De La Salle