DETAIL DOCUMENT
PENGARUH ROI (RETURN ON INVESTMENT), ROE (RETURN ON EQUITY), EPS (EARNING PER SHARE), DAN PER (PRICE EARNING RATIO) TERHADAP HARGA SAHAM (Studi pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi yang terdaftar di BEI Periode 2013-2015)
Total View This Week91
Institusion
Universitas Katolik De La Salle
Author
Budiman, Setia Linda
Subject
HF5601 Accounting 
Datestamp
2019-10-30 04:47:49 
Abstract :
Pengaruh ROI (Return On Investment), ROE (Return On Equity), EPS (Earning Per Share), dan PER (Pricce Earning Ratio) terhadap Harga Saham (Studi pada perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi yang terdaftar di BEI Periode 2013-2015). Dibimbing oleh : Steify M.E.W. Sepang dan Frankie J.H Taroreh. Kegiatan berinvestasi pada pasar modal dilakukan untuk mencari keuntungan. Akan tetapi keuntungan yang diharapkan tinggi berbanding lurus terhadap risiko yang ada sehingga investor dan calon investor memerlukan analisis fundamental dalam pengambilan keputusan berinvestasi. Analisis fundamental dengan membuat estimasi nilai intrinsik atas fungsi-fungsi variabel perusahaan dengan pendekatan laba dan nilai sekarang. Rasio profitabilitas dapat menunjukkan kemampuan perusahaan menghasilkan laba dan Rasio penilaian pasar untuk melihat nilai saham dan kelayakan harga saham dibanding dengan keuntungan yang akan diperoleh. Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk mengetahui apakah ROI, ROE, EPS dan PER mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap harga saham terlebih khusus pada perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2013-2015. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan data sekunder yang dikumpulkan dari laporan keuangan sampel penelitian sebanyak 89 emiten dan diolah untuk menghasilkan rasio dan harga saham yang diproksikan menjadi variabel penelitian yang selanjutnya dilakukan analisis regresi berganda dan pengujian hipotesis. Hasil penelitian menggunakan analisis regresi berganda menunjukkan hubungan harga saham dengan rasio penelitian dengan tingkat signifikansi masing-masing sebesar 0,026 untuk ROI, sebesar 0,01 untuk ROE, sebesar 0,000 untuk EPS dan sebesar 0,000 untuk PER yang tidak melebihi tingkat signifikansi 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel ROI, ROE, EPS dan PER mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap harga saham pada perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Kata Kunci : ROI (Return On Investment), ROE (Return On Equity), EPS (Earning Per Share), PER (Pricce Earning Ratio) dan Harga Saham. 
Institution Info

Universitas Katolik De La Salle