Abstract :
Anjungan daerah Taman Mini Indonesia Indah merupakan jendela informasi
provinsi yang memiliki peran dan fungsi sebagai apresiasi, fasilitasi, promosi dan
informasi pariwisata sekaligus merupakan wahana pelestarian, pengembangan dan
pembinaan seni budaya disamping sebagai sarana rekreasi bersifat edukatif yang
dapat menambah wawasan sosial, pariwisata, seni dan budaya baik bagi wisatawan
nusantara maupun mancanegara. Anjungan Provinsi Bengkulu melihat bahwa
kegiatan promosi akan bisa menarik banyak wisatawan, sehingga dijadikan sebuah
strategi dalam promosi di Anjungan Bengkulu.
Pertanyaan dalam penelitian ini adalah : Bagaimana Strategi Promosi
Anjungan Bengkulu Taman Mini Indonesia Indah dalam proses promosi potensi
wisata daerah Guna menarik wisatawan
Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Fenomenologi,
Dengan teori ini dimana penelitian ini mengambil objek tentang anjungan Bengkulu
yang merupakan bagian dari budaya, seni, dan pariwisata daerah. Fenomenologi
berusaha mencari pemahaman bagaimana manusia mengkonstruksi makna dan
konsep penting dalam kerangka intersubyektivitas pemahaman kita mengenai
dunia dibentuk oleh hubungan kita dengan orang lain. Adanya penggunaan teori
fenomenologi digunakan untuk memahami kesadaran dan psikologis yang di terima
oleh masyarakat khususnya wisatawan.
Kegiatan promosi Anjungan Bengkulu melalui periklanan dalam bentuk
brosur, kalender, facebook, website maupun instagram. Keberadaan bentuk strategi
promosi tersebut pada kenyataannya mampu menarik wisatawan. Bentuk promosi
yang dianggap pengunjung paling efektif adalah brosur. Hal ini menurut pengunjung
disebabkan brosur dapat memuat informasi yang disertai gambar-gambar menarik
sehingga membantu pengunjung memberikan keadaan sebenarnya pada objek wisata
yang ada di Bengkulu.