Abstract :
Penelitian ini dilatar belakangi oleh urgensi pelayanan pusat kesehatan untuk masyarakat diPuskesmas Jatiluhur. Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi eksternal dan internal relations humas Puskesmas Jatiluhur dalam memberikan pelayanan prima terhadap masyarakat.
Teori yang digunakan dalampenelitian ini yaitu teori excellence communication yang mempunyai anggapan bahwa humas berperan sebagai professional yang melaksanakan peran sebagai manajer untuk menggunakan penelitian dan dialog untuk membangun suatu hubungan yang sehat dengan publiknya.
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatanstudi kasus. Tehnik pengumpulan datamenggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi humas dengan kegiatan internal dan eksternal pada pelayanan pusat kesehatan masyarakat di jatiluhur sudah cukup efektif berdasarkan indikator A3: Attention, Action, Attitude
Bagi pelayanan di Puskesmas Jatiluhur perlu dievaluasi secara berkala dari kegiatan eksternal dan internal dan perlu ditingkatkan lagi sarana dan prasarana agar terpenuhi derajat kesehatan di masyarakat.