DETAIL DOCUMENT
PENGARUH IKLAN LAYANAN MASYARAKAT RCTI VERSI VAKSINASI COVID-19 TERHADAP SIKAP MASYARAKAT
Total View This Week0
Institusion
Universitas Satya Negara Indonesia
Author
Sabar, Muhamad
Subject
Comunication 
Datestamp
2021-12-10 02:39:40 
Abstract :
Banyaknya berita-berita hoax yang tersebar menjadi kendala terhadap vaksinasi covid-19 yang menyebabkan masyarakat takut untuk divaksin, Maka dari itu iklan layanan masyarakat tentang vaksinasi sangat penting agar masyarakat yang belum tahu dan masih merasa takut dengan vaksin menjadi mengetahui dan paham bahwa vaksin itu penting untuk menjaga kita dan memutus rantai virus corona. Adapun tujuan penelitian yang ingin dicapai dalam penulisan skripsi ini Iialah untuk mengetahui pengaruh iklan layanan rcti versi vaksinasi covid-19 yang terhadap sikap masyarakat. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori S-O-R, dimana teori ini membahas tentang perubahan sikap adalah serupa dengan mengubah sikap komunikan. Teori ini pertama kali dikemukakan oleh Hovland (1953) karena adanya pengaruh dari ilmu psikologi dalam ilmu komunikasi. Dalam penelitian ini penulis akan melakukan penelitian dengan pendekatan kuantitatif dengan paradigma positivistik. Metode yang digunakan yaitu metode survey dan sifat penelitiannya yang eksplanatif. Pengumpulan data menggunakan Simple Random Sampling dengan populasi berjumlah 210 orang dan sampelnya berjumlah 68 orang. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa iklan layanan masyarakat ini sangat berperngaruh terhadap sikap khalayak sebesar 67,1% dan sisanya sebanyak 32,9% dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian ini. Dari hasil penelitian dan kesimpulan, penulis memberikan saran-saran untuk akademis dan praktisi, agar para praktisi iklan untuk lebih kreatif lagi dalam membuat sebuah iklan yang dapat menarik khalayak dan konsumen. 
Institution Info

Universitas Satya Negara Indonesia