Abstract :
Dalam sistem bisnis, customer adalah hal yang paling berarti dalam sebuah perusahaan, termasuk dunia perbankan. Yang diharapkan oleh setiap perusahaan adalah sebuah kepercayaan customer, perusahaan yang sukses adalah perusahaan yang mampu menjalin relationship jangka panjang dengan konsumennya serta umpan balik positif dari para konsumen. Teori yang digunakan oleh penulis adalah teori Interaksi Simbolik. Teori interaksi simbolik menekankan pada hubungan antara simbol dan interaksi, serta inti dari pandangan pendekatan ini adalah individu. Paradigma dapat didefinisikan sebagai acuan yang menjadi dasar bagi setiap peneliti untuk mengungkapkan fakta? fakta melalui kegiatan penelitian yang dilakukannya. Ditinjau dari jenis datanya pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Penelitian deskriptif kualitatif merupakan penelitian yang termasuk dalam jenis penelitian kualitatif. Tujuan dari penelitian ini adalah mengungkap fakta, keadaan,fenomena, variabel dan keadaan yang terjadi saat penelitian berjalan dan menyuguhkan apa adanya